Pesantren Al Futuhiyyah Wonosobo

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Al Futuhiyyah Wonosobo

PROFIL

Bermula pada tahun 1951, KH. Masykur Bin Abdul Hamid mendirikan madrasah dengan luas 240 m2 dengan fasilitas tersebut dibangun menjadi gedung madrasah dengan luas 240 m2 dengan fasilitas tersebut, KH. Masykur membuka pengajian umum. Pada saat itu, terdapat dua lokal asrama yang terdiri dari 6 kamar, 1 unit WC, kolam dan gedung musolla. Melihat perkembangan minat belajar masyarakat sekitar, maka pada tahun 1954 dibukalah Madrasah Mu’allimin NU yang dipimpin langsung oleh Bpk. KH. Masykur dengan menggunakan Gedung Madrasah yang selama ini dijadikan tempat pengajian umum di dusun Bumen, Bumirejo, Mojotengah, Wonosobo.

Berjalan selama 3 tahun kemudian pada tahun 1957, atas dasar petunjuk Badan musyawirin berdirinya Madrasah, Madrasah tersebut dipindahkan di kampung kauman, Kota Wonosobo dengan pertimbangan :
1. Agar Madrasah tersebut dipindahkan ke tempat yang strategis.
2. Kesulitannya untuk mendapatkan informasi yang merekrut guru. Pada tanggal 13 Januari 1963, beliau Bapak KH. Masykur bersedia untuk mendoktrin para kader BANSER (Barisan Serba Guna) NU, disinilah terlihat kepedulian para Ulama melihat kondisi bangsa Indonesia saai itu. Tepat pada tanggal 30 September 1965, terujilah kejelian para Ulama yang dimotori oleh KH. Masykur yaitu terjadinya G 30 S PKI, Pada saat itu peranan Ulama Dan Banser sangat besar dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada Tahun 1973 Di kompleks Pengajian umum tersebut didirikan pondok pesantren “Al Futuhiyyah” Bumen, dengan KH. Masykur sebagai pengasuh. Sistem pendidikan yang dipergunakan adalah tradisional, yaitu sorogan dan bandongan. Bapak KH. Masykur meninggal dunia pada tahun 1981, pada saat itu, Wonosobo benar-benar kehilangan seorang tokoh besar, yang sangat berperan dalam memajukan pendidikan islam di Wonosobo, tak ada seorangpun yang tidak merasa kehilangan beliau karena suri tauladan beliau.

Atas dasar musyawarah keluarga, pesantren dipimpin oleh Bapak KH. Munir Abdullah. Pembangunan terus ditingkatkan, hasilnya pada tahun1983 berhasil mendirikan Madrasah Tsanawiyah putra, dan pada tahun 1983 mendirikan Pesantren putri serta Madrasah Tsanawiyah putri yang tempat belajarnya terpisah dengan putra. Pada tahun 1991, Bapak KH. Munir Abdullah meninggal dunia.

Wonosobo kembali kehilangan satu tokoh Ulama yang sangat berperan dalam memajukan pendidikan islam di Wonosobo. Kemudian Pondok Pesantren Al Futuhiyyah dipimpin oleh Bapak KH. Ahmad Rofiq Masykur bin Bapak KH. Masykur. Sedangkan Madrasah Diniyah Al Futuhiyyah dipimpin oleh KH. Mukhlas Masykur, adik kandung Bapak KH. Rofiq Masykur, dan Madrasah Tsanawiyyah diteruskan oleh Bapak Muhammad Syamsi. Dari tahun ke tahun Pondok Pesantren dan Madrasah Tsanawiyyah Al Futuhiyyah terus berkembang.

Pada tahun 2003 Kepala Mts Al futuhiyyah diganti oleh Bapak Munangim. Kemuian digantikan oleh H. Abdullah Mubarok, Lc. Yang baru menyelesaikan studi S1 di Cairo, Mesir. Atas gagasan yang inovatif dari bapak KH. Ahmad Rofiq Masykur dan H Abdullah Mubarok, Lc, pesantren dan Mts Alfutuhiyyah berkembang sangat pesat bahkan pada tahun 2006 para pemimpin tersebut telah berhasil sampai saat ini pembangunan Pondok Pesantren Al Futuhiyyah masih terus ditingkatkan.

Pengasuh

  1. KH. Masykur
  2. KH. Ahmad Rofiq Masykur
  3. KH. Mukhlas Masykur

Baca juga :  Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ)​ Wonosobo

PENDIDIKAN

​​Pendidikan Formal

  1. MTs Al Futuhiyyah

​​Pendidikan Non Formal

  1. TPQ
  2. Madrasah Diniyah (MD)
  3. Majelis Taklim 

Baca juga :  Menyemir Rambut dengan Warna Hitam, Bolehkah?

EKSTRAKURIKULER

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Pramuka
  2. Paskibra
  3. Palang Merah Remaja (PMR)
  4. Basket
  5. Sepakbola
  6. Voli
  7. Futsal
  8. Sains Club
  9. English Club
  10. Arabic Club
  11. Hadrah
  12. Pencak Silat
  13. Badminton
  14. Tenis Meja
  15. Kaligrafi
  16. Marching Band


Kajian Kitab kuning bacaan Al Qur'an di pesantren Al Futuhiyyah Alimasykur


Hadrah rutin di pesantren Al Futuhiyyah Alimasykur

FASILITAS

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Masjid
  2. Tersedia 8 kamar santri putra kapasitas 35 orang dan 10 kamar santri putri kapasitas 25 orang
  3. Tersedia 15 kamar mandi putra dan 10 kamar mandi putri
  4. 10 Ruang kelas yang representatif
  5. Satu Koperasi
  6. 2 Kantin (1 putra dan 1 putri)
  7. 2 Aula (1 putra dan 1 putri)
  8. 2 Kantor pondok (1 putra dan 1 putri)
  9. 1 Kantor Kepala Madrasah
  10. 1 Ruang TV
  11. Area parkir sepeda motor


Gedung pesantren di pesantren Al Futuhiyyah Alimasykur


Gedung sekolah di pesantren Al Futuhiyyah Alimasykur


Baca juga :   Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung

ALAMAT

Jl. Dieng No.19, Bumirejo, Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Kode Pos       :   56351

Telepon          : 088803992020

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.