4 Karakteristik Pemimpin yang Baik

 
4 Karakteristik Pemimpin yang Baik
Sumber Gambar: Andrea Piacquadio/Pexels (ilustrasi)

Laduni.ID, Jakarta – Kunci sukses dalam lingkup sebuah oraganisasi adalah seorang pemimpin. Pemimpin harus mengetahui kapan harus mengambil peluang dan mengajak karyawan dalam mencapai tujuan sebuah perusahaan.

Selain itu sebagai seorang pemimpin juga harus mencontohkan hal yang baik kepada anggota tim dan berkomunikasi yang jelas dalam menuangkan ide dan gagasannya tanpa keraguan.

Menjadi seoarang pemimpin yang baik bukanlah hal yang mudah. Tak hanya bertanggung jawab terhadap pekerjaan, anda juga harus berhubungan dengan baik dengan tim yang memiliki latar belakang dan opini yang berbeda.

Lantas apa saja karakteristik pemimpin yang baik?, berikut ini 4 karakteristik pemimpin yang baik :

1. Melatih Emotional Agility

Memiliki emotional agility artinya dapat mengatur pikiran dan perasaan pribadi dengan, yaitu secara mindful dan penuh nilai, sebelum memimpin orang lain.

2. Memiliki Tujuan dan Makna yang Jelas

Tujuan dan makna yang jelas harus diberitahukan pemimpin kepada anggota tim dalam bekerja agar mereka bisa melihat makna dari apa yang mereka kerjakan, sehingga anggota tim menjadi lebih baik termotivasi dalam bekerja.

3. Menggunakan System Thinking

Pemimpin yang baik harus dapat membantu anggota tim untuk melihat koneksi antara fungsi-fungsi pekerjaan yang terpisah menjadi satu kesatuan, yaitu dari perusahaan.

4. Membuat Budaya Terbuka dan Transparan

Dengan memimpin secara transparan, anggota tim akan menjadi lebih jujur mengenai sudut pandang mereka dan menjadi lebih nyaman untuk mengekspresikannya secara publik, karena anda telah memberikan panggung untuk melakukannya.


Editor: Nasirudin Latif