Hikmah Menyayangi Anak Yatim Piatu

 
Hikmah Menyayangi Anak Yatim Piatu
Sumber Gambar: Pixabay, Ilustrasi: Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Berdasarkan pengertian syariat, seorang anak yatim adalah anak yang ditinggal mati oleh ayahnya dalam usia belum baligh. Sementara anak piatu adalah anak yang ditinggal oleh ibunya di usia sebelum baligh. Anak yatim piatu dalah gabungan dari keduanya, anak yatim dan anak piatu.

Terdapat banyak keutamaan dan hikmah jika seseorang menyantuni anak yatim piatu akan mendapatkan keistimewaan baik di bumi maupun di akherat kelak.

Anak yatim merupakan amanah yang Allah SWT berikan kepada manusia yang berakal. Mereka diamanahkan untuk disantuni sebagaimana menyantuni diri sendiri dan keluarga. Terdapat lima hikmah ketika menyayangi dan memuliakan anak yatim piatu, berikut ini:

1. Selamat dalam menjalani hidup

Setiap umat manusia ingin mempunyai keluarga yang utuh tetapi mungkin ada yang belum beruntung untuk itu, contohnya adalah anak yatim piatu mereka telah merasakan betapa pedihnya ditinggal oleh orang tua mereka ingin bahagia walau mereka bahagia karna orang lain. Mereka berharap bahwa Andalah yang bisa membantu mereka karna dengan Anda membantu mereka dengan tulus dan iklas maka sepanjang perjalanan hidupmu akan selamat berkat dari doa anak yatim tersebut.

2. Diberi rezeki yang banyak

Tidak ada ruginya bahwa Anda memberi dan berbagi pada anak yatim, karena dengan ketulusan anda bisa memberi dan berbagi kepada mereka walau hanya sedikit bantuan dan rasa keperdulianmu mereka akan merasa senang dan Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari itu, Tuhan maha melihat apa yang telah dikerjakan oleh manusia dengan begitu dia akan memberimu rezeki yang tak terhingga dengan kamu membantu dan menyayangi anak yatim.

3. Banyak pahala

Pahala yang Anda cari selama hidup di dunia nantinya akan dinikmati diakhirat, dengan Anda perduli dan menyayangi anak yatim juga akan mendapatkan pahala yang besar dengan memberi bantuan kepada anak yatim Anda juga akan mendapatkan keselamatan dalam hidup, dan jangan sekali-kali memakan rezeki anak yatim usahakan bantu mereka agar mendapatkan pahala dari Tuhan.

4. Disayangi oleh orang-orang disekitar

Sebenarnya Anda membantu anak yatim, juga akan disayang oleh orang-orang disekitarmu karena mereka memandangmu dengan positif, Anda juga akan menjadi contoh bagi orang-orang disekitarmu dengan perduli terhadap sesama dan juga akan disayang oleh Tuhan,

5. Diberi umur panjang

Dengan Anda suka berbagi dan perduli terhadap sesama dan anak yatim kamu juga akan didoakan oleh mereka agar tetap terus hidup disekitar mereka,karena mereka butuh kebaikan dari kamu agar mereka selalu bahagia.


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 18 Februari 2022. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

______

Penulis: Nasirudin Latif

Editor: Athallah Hareldi