Delapan Keistimewaan Unta

 
Delapan Keistimewaan Unta
Sumber Gambar: Taryn Elliott dari Pexels

Laduni.ID, Jakarta – Dikutip dari Wikipedia Unta adalah dua spesies hewan berkuku genap dari genus Camelus (satu berpunuk tunggal - Camelus dromedarius, satu lagi berpunuk ganda - Camelus bactrianus) yang hidup ditemukan di wilayah kering dan gurun di Asia dan Afrika Utara. Rata-rata umur harapan hidup unta adalah antara 30 sampai 50 tahun.

Unta adalah binatang yang dijuluki kendaraan padang pasir ini terdapat dalam Al-Qur’an pada Surat Al Ghaasyiyah ayat 17. Unta memilki beberapa keistimewaan yang sebagian diantaranya adalah:

1. Punuk unta sebagai simpanan makanan.

Punuk unta yang merupakan gundukan lemak ,menjadikan sari makanan bagi hewan ini secara berkala ketika ia mengalami kesulitan makananan dan kelaparan.dengan sistim ini unta dapat hidup hingga tiga pekan tanpa air.selama masa itu unta kehilangan 33 persen berat badanya.dalam kondisi yang sama .seorang manusia akan kehilangan 8 persen berat badanya dan meninggal dalam waktu 36 jam .dan kehilangan air dari tubuhnya.

2. Bulu tebal yang menyekat panas

Bulu tebal yang tidak tertembus pada tubuh unta mencegah matahari padang pasir yang terik mencapai kulitnya.bulu in juga menghangatkan unta dalam kondisi cuaca yang membekukan.unta padang pasir tidak terpengaruh suhu setinggi 50 C,dan unta Bakria yang berunuk dua mampu bertahan hidup pada suhu hingga serendah -50c.unta jenis ini mampu bertahan hidup bahkan pada lembah -lembah dataran tinggi 4000m di atas permukaan laut.unta Drome bahkan dapat bertahan hidup pada suhu -52c di wilayah yang paling tinggi di asia tengah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN