Pesantren Al-Qoumaniyyah (Mbareng )Kudus

 
Pesantren Al-Qoumaniyyah (Mbareng )Kudus

PROFIL
Pesantren Al-Qaumaniyah dulu dikenal dengan nama Pesantren Bareng, pesantren ini terletak di Dukuh Jekulo Kecamatan Jekulo tepatnya berada di Jl. Sewonegoro 03 Jekulo Kauman, Jekulo Kabupaten Kudus.

Pada umumnya para santri yang mondok di Pondok Pesantren Al-Qaumaniyah Jekulo Kudus berasal dari berbagai daerah yang berbeda-
beda. Hampir keseluruhan santri yang mondok masih berstatus sebagai mahasiswa hingga pelajar.

Metode yang digunakan biasanya menggunakan metode sorogan, tartilan dan wetonan.

SEJARAH
Pondok Pesantren Al-Qaumaniyah didirikan oleh Mbah Yasin pada tahun 1918 M. Mbah Yasin merupakan orang pertama yang mendirikan pondok pesantren di Desa Jekulo, hal ini dapat dibuktikan melalui pengakuan Mbah Abdullah Salam Kajen yang pernah mengaji pada kitab Tafsir Munir pada Mbah Yasin di Jekulo. Akan tetapi pesantren yang didirikannya kurang mendapat perhatian dari generasi berikutnya, sehingga keberadaannya kurang diketahui oleh masyarakat secara umum.

Pondok Pesantren Al-Qaumaniyah berdiri dilatarbelakangi dengan banyaknya anak-anak yang ingin menuntut ilmu agama atau mengaji di sekitar daerah Jekulo Kudus kala itu, melihat banyaknya antusias tersebut Mbah Sanusi selaku Guru dari Mbah Yasin menyarankan agar membuat tempat khusus untuk belajar mengaji kepada anak-anak.

Dengan senang hati Mbah Yasin menerima anjuran dari Mbah Sanusi tersebut. Sehingga pada tahun 1918 dibangunlah Pondok Pesantren Al-Qaumaniyah Jekulo Kudus, namun secara resmi pondok pesantren ini berdiri pada tahun 1923 M. Nama Al-Qaumaniyah sebenarnya adalah nama yang hanya memudahkan pembaca, karena pada masa Mbah Yasin, pesantren ini belum diberi nama. Walaupun demikian para santri pada waktu itu menyebutnya dengan nama “Pondok Bareng”. Secara historis nama Pondok Bareng terjadi karena setiap santri yang berasal dari luar kota yang hendak kembalike pesantren, menggunakan jasa angkutan kereta api.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN