Pentingnya Mempelajari Bahasa Arab

 
Pentingnya Mempelajari Bahasa Arab
Sumber Gambar: Ilustrasi/Bola.com

Laduni.ID, Jakarta – Mempelajari Bahasa Arab dengan berbagai macam cabangnya merupakan hal yang sangat wajib bagi orang yang ingin mendalami agama Islam. Level pemahaman seseorang akan nash agama diukur lewat barometer kemampuannya dalam Bahasa Arab. Jika dia masih level awal, maka ilmu lainnya juga masih pada level awal, dst.

Ibnu Jinni dalam Al-Khasais bahkan menuliskan sebuah judul “Bab: Ilmu Bahasa Arab yang Dapat Menjaga Seseorang dari Salahnya Keyakinan.”

Ibnu Jinni saat menuliskan sebuah bab, gayanya sedikit mirip dengan Imam Al-Bukhari, sama-sama memiliki maksud tertentu. Dalam soalan ini misalnya, Ibnu Jinni ingin mengalihkan perhatian pembaca akan pentingnya belajar Bahasa Arab, hingga bisa menyentuh ke arah keyakinan.

Dalam bab tersebut, beliau terus terang bahwa ilmu ini sangat penting, dan bahaya jika tidak dipahami dengan baik. Alasannya karena dari sekian banyak orang yang tersesat dari pemahaman agama yang benar, rata-rata disebabkan karena minimnya ilmu mereka terhadap Bahasa Arab.

Salah satu ulama sastra Andalus, Abu Bakr Muhammad bin Abdul Malik (w. 549 H) yang dikenal dengan Ibnu Al-Sarraj juga sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Ibnu Jinni. Bahkan beliau melihatnya dengan kacamata yang lebih luas. Dalam pandangan Ibnu Al-Sarraj, semua perdebatan yang ada, dari agama apapun itu, awal mulanya karena tidak ada kesetaraan dalam ilmu bahasa yang dipakai.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN