Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 13

 
Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 13
Sumber Gambar: Dok Laduni.ID

Buletin Jumat Laduni.ID resmi untuk dicetak jarak jauh.

Laduni.ID, Jakarta - Di antara sekian banyak ajaran Islam adalah mampu menunaikan Ibadah haji bagi yang mampu. Ibadah Haji merupakan rukun Islam yang kelima merupakan rukun terakhir dalam ajaran Islam. Menunaikan haji ini dapat diartikan menyempurnakan rukun Islam, Hal ini dikarenakan setiap umat Islam akan merasa belum sempurna Islamnya kecuali setelah melaksanakan ibadah haji. Hal inilah menjadikan haji sebagai ibadah dambaan setiap orang Islam sepanjang masa dari manapun dia berasal serta haji yang mabrur menjadi impian setiap muslim. Di dalam Al Qur’an Surat al Hajj ayat 27 dan Surat Ali Imran ayat 97 dijelaskan:

وَاَذِّنْ فِى النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوْكَ رِجَالًا وَّعَلٰى كُلِّ ضَامِرٍ يَّأْتِيْنَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيْقٍ ۙ

Artinya: “(Wahai Ibrahim, serulah manusia untuk (mengerjakan) haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki dan mengendarai unta kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh.” (Qs. Al Hajj: 27).

Surat Ali Imran 97:

وَلِلّٰهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ اِلَيْهِ سَبِيْلًا ۗ وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعٰلَمِيْنَ

Artinya: (Di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, (yaitu bagi) orang yang mampu109) mengadakan perjalanan ke sana. Siapa yang mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu pun) dari seluruh alam. (Qs. Ali Imran: 97)

Haji merupakan ibadah yang sangat unik, dengan berbagai aspek yang harus dipersiapkan seperti biaya yang sangat besar dan resiko tidak ringan, tenaga yang dikeluarkan juga memerlukan persiapan yang besar, walaupun demikian jumlah yang menginginkan berangkat haji setiap tahunnya selalu melebihi kuota. Berapa banyak orang yang menjual rumah maupun tanahnya untuk berangkat haji. Maka sudah sewajarnya kalau faedah di balik ibadah haji lebih besar dari segala pengorbanan tersebut. Hal ini dirasakan oleh ribuan bahkan jutaan manusia yang pernah melakukan haji, hanya kuat dan lemahnya nilai yang mereka dapatkan berbeda antara satu sama yang lainnya.

Dengan banyaknya hal-hal yang harus dipersiapkan Ibadah haji tidak jarang disamakan dengan jihad karena dinilai sebagai amalan terbaik, sudah pasti memiliki pengaruh yang besar. Agar haji dapat berpengaruh dalam kehidupan perlu dipahami bahwa haji bukan hanya sekadar ibadah ritual melainkan terkandung di dalamnya nilai-nilai rabbaniyah dalam akidah, ibadah, sosial, maupun politik yang jika dipahami dan diresapi akan menjadi point start perubahan jiwa bagi yang menjalankannya.

_____________________________________

Buletin Jum’at  laduni.ID edisi 13 file PDF bisa dibaca dan DOWNLOAD DI SINI
Simak biografi ulama  Syekh Yasin Al-Fadani
Simak juga inovasi Laduni.ID dalam menampilkan grafis chart silsilah beliau di SINI