Bacaan Dzikir di Hari ‘Asyura

 
Bacaan Dzikir di Hari ‘Asyura
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Hari ‘Asyura merupakan salah satu hari yang mulia dan juga berada di bulan yang dimuliakan. Karena itu, sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal kebaikan pada hari tersebut. Di antara yang dianjurkan pada Hari Asyura adalah memperbanyak dzikir. Sebagaimana keterangan yang terdapat di dalam Kitab Kanzun Najah was Surur, karya Syaikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Al Quds.

Di dalam kitab tersebut diterangkan bahwa membaca dzikir Hasbalah di Hari ‘Asyura akan mendapatkan manfaat yang besar.

فَقَدْ ذَكَرَ الْعَلَّامَةُ الدَّيْرَبِيُّ فِيْ فَوَائِدِهِ، وَسَيِّدِيْ مُحَمَّدْ اَلْأَمِيْرُ الصَّغِيْرُ فِيْ رِسَالَتِهِ فِي الْفَضَائِلِ الْعَاشُوْرِيَّةِ، نَقْلًا عَنِ الْعَلَّامَةِ الْأَجْهُوْرِيِّ

“Al Allamah Imam Ad-Dairabi berkata dalam Kitab Fawa`idnya, dan Sayyid Muhammad Al-Amir As-Shogir dalam Risalahnya tentang Al-fadha’il Al-‘Asyuriyyah, mengutip dari Al-Allamah Al-Ajhuri.”

أَنَّ مَنْ قَالَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ،نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ، سَبْعِيْنَ مَرَّةً كَفَاهُ اللهُ تَعَالَى شَرَّ ذَلِكَ الْعَامِ

“Bahwasanya siapa yang pada Hari ‘Asyura membaca dzikir berikut ini sebanyak 70 kali, Allah akan menjaganya dari keburukan tahun tersebut:

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

“Allah yang mencukupi kami, dan Dialah sebaik-baik Yang mengurusi, sebaik-baik Pemimpin dan sebaik-baik Penolong.”

Dzikir merupakan salah satu amalan yang bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kalau hubungan kita kepada-Nya dekat, tentu Allah SWT akan menjaga dan mencukupi keperluan yang kita butuhkan. Apalagi dzikir tersebut dibaca pada momen yang istimewa di Hari ‘Asyura Tanggal 10 Muharram.

Karena itu, Hari ‘Asyura jangan sampai terlewatkan tanpa amal kebaikan. Sayang sekali jika hari yang istimewa itu lewat begitu saja tanpa ada kebaikan atau dzikir untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 28 Juli 2022. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Editor: Hakim