Pengembangan Keuangan Syariah Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Umat

Perkembangan keuangan syariah dengan melibatkan pegadaian akan mendorong berkembangnya ekonomi syariah. Pemerintah selama ini memang fokus menumbuhkan keuangan syariah, namun belum banyak menyentuh pemberdayaan ekonomi umat.

Mengoptimalkan Peran Zakat, Wakil Sekjen PBNU: Perlu Revisi UU Zakat

Mengoptimalkan Peran Zakat, Wakil Sekjen PBNU: Perlu Revisi UU Zakat

Gus Munif: NU Selalu Menarik Perhatian Dunia

KH Munif Mohammad Zuhri yang menggambarkan bahwa sejak didirikan hingga sekarang NU selalu menjadi pusat perhatian masyarakat dari berbagai Negara dan kalangan.

Dua Fatwa Efek Beragunan Aset Berbasis Syariah Diluncurkan oleh DSN MUI

Majelis Ulama Indonesia melalui Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) menerbitkan dua fatwa mengenai Efek Beragunan Aset (EBA) berbasis syariah

Kiai Ma’ruf: Umat adalah Pemain Utama Keuangan Syariah

KH. Ma’ruf Amin mengungkapkan pemain utama keuangan syariah adalah kalangan Muslim. Hal ini berarti potensi keuangan syariah di Indonesia sangat besar karena jumlahnya mencapai 87,8%.

Ketum MUI Harapkan Ekonomi Syariah Sebagai Pendorong Kesejahteraan Indonesia

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin tegaskan ekonomi syariah sebagai pendorong kemaslahatan ekonomi Indonesia.

Aceh Menangkan Kategori Tokoh Ekonomi Syariah Dalam Fesyar 2018

Aceh Menangkan Kategori Tokoh Ekonomi Syariah Dalam Fesyar 2018

Kebangkitan Peran Masjid dan Dayah untuk Memperkuat Ekonomi Umat

 Kebangkitan Peran Masjid dan Dayah untuk Memperkuat Ekonomi Umat

Ketum Kadin: Jangan Ragukan Pemahaman KH. Ma'ruf Amin tentang Ekonomi Syariah

Jadi agak salah sih kalau banyak yang meragukan beliau mengenai pemahaman perekonomian. Menurut saya sih agak salah ya, karena saya sudah berdiskusi mengenai hal itu

Belajar Investasi #1: Mengenal Investasi Saham Syariah

Mengenal sistem investasi saham syariah oleh Arif Widianto (Master Investasi Saham, founder of bolasalju.com)

Bank Syariah Aceh #1: Islamisasi Ekonomi Syariah

Sedangkan pada sistem syariah diterapkan sistem bagi hasil dimana jasa atas modal diperhitungkan berdasarkan keuntungan atau kerugian yang diperoleh yang didasarkan pada akad. Prinsip utama dari akad adalah keadilan antara pemberi modal dan pemakai modal. Prinsip ini berlaku baik bagi debitur maupun kreditur.

Bank Syariah Aceh #2: Ekonomi Syari’ah Bervariatif

pertama, Tabungan Firdaus  diperuntukkan bagi perorangan yang menggunakan prinsip mudhãrabah (bagi hasil), tabungan ini menggunakan akad mudharabah muthlaqah.

Bicara Ekonomi Indonesia, Ini Isi Sambutan KH Ma'ruf Amin

Ekonomi syariah hadir secara resmi di Indonesia pada awal tahun 1990-an, yaitu bermula ketika didirikan bank Muamalat, lembaga keuangan syariah pertama di Indonesia.

Peran Keuangan Syariah Sangat Dibutuhkan untuk Atasi Gejolak Ekonomi Global

Untuk memperkuat struktur ekonomi dan pasar keuangan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dibutuhkan pengembangan ekonomi keuangan syariah.

Bank Syariah #1: Mengenal Sosok Bank Syariah

 Perkembangan sistem keuangan syariah semakin kuat dengan ditetapkannya dasar–dasar hukum operasional melalui UU. No. 21 Tahun 2008, tentang perbankan Syariah.

Bank Syariah #2: Sejarah Bank Syariah

 (2) Dari aspek ekonomi, penyerahan risiko usaha terhadap salah satu pihak dinilai melanggar norma keadilan. Dalam jangka panjang sistem perbankan konvensional akan menyebabkan penumpukkan kekayaan pada segelintir orang yang memiliki kapital besar.

Bank Syariah #5: Status  Perbankan Syariah

Selain itu, penerapan prinsip bagi hasil sebagai salah satu prinsip pokok dalam kegiatan perbankan syariah juga akan menumbuhkan rasa tanggungjawab pada masing-masing pihak, baik bank maupun nasabahnya.

MUI Putuskan Bank Syariah Boleh Gunakan Dana Non Halal

Dewan Pengawas Syariah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lembaga Keuangan Syariah menggelar forum tahunan (ijtima samawi). Kegiatan yang berlangsung di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Kamis (08/11) ini diresmikan Ketua Umum non-aktif MUI yang juga Ketua Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI KH Ma’ruf Amin.

BNI Syariah Perluas Jaringan Kerja di Banda Aceh

Bank Negara Indonesia Syariah akan membuka 17 kantor di seluruh Aceh, tiga diantaranya dibuka di Banda Aceh. Hal ini disampaikan Direktur Bisnis Retail dan Jaringan Bank Negara Indonesia Pusat, Iwan Abdi saat menemui Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM, Rabu (28/11/2018) di pendopo Wali Kota. Turut hadir bersama Iwan Abdi, G

Bank Syariah Mandiri Serahkan Bantuan CSR Rp900 Juta ke UGM

PT Bank Syariah Mandiri menyerahkan bantuan program CSR senilai Rp900 juta rupiah kepada UGM

BRI Syariah Terus Salurkan Pembiayaan ke Sektor Halal

"Kita pun memilih sejumlah strategi peningkatan penghimpunan dana untuk hadapi persoalan likuiditas," ujarnya. Di antaranya dengan meningkatkan pemasaran layanan payroll.

Kafe Dayah Kupie, Usaha untuk Kemandirian Dayah

Pengusaha jamu dan kosmetik ini juga menyebutkan, Dayah Kupie tersebut sepenuhnya menggunakan tenaga kerja di lingkungan dayah. Ke depan, kata Syahrul, di lokasi itu akan dibuka Dayah Mall untuk kebutuhan belanja keseharian masyarakat, juga akan dibuka permaian anak-anak, serta hotel syariah dayah untuk kebutuhan dayah tersebut

Rumadi Ahmad: Apakah Indonesia Kurang Syar’i?

Apa itu NKRI bersyariah? Tidak pernah jelas! Penggagasnya juga tidak pernah dengan serius menawarkan konsepnya yang bisa diuji publik.

Menguji Konsep NKRI Bersyariah dalam Politik Global (Bagian 1)

Tulisan ini membahas mengenai definisi NKRI Bersyariah yang dikemukakan HRS. Seperti apa?

NKRI Tidak Perlu Bersyariah

NAbi Muhammad SAW adalah sosok sentral yang menjadi rujukan otoritatif dalam menyelesaikan berbagai persoalan bagi umatnya. Ajaran agama yang secara pokok dibawa oleh Muhammad tidak semata urusan kerohanian teologis, namun juga persoalan praktis keduniaan. Oleh karena itu sosok Muhammad dalam bahasa al-Quran disebut dengan uswatun hasanah.

Pandangan Ulama tentang Asuransi Syariah

Asuransi syariah adalah sebuah usaha untuk saling melindungi dan saling tolong menolong di antara sejumlah orang,

Beginilah Hukum Menggunakan Uang Deposito Bank

Saya mau bertanya tentang riba. Saya setiap bulan dikasih uang dari ibu untuk kebutuhan hidup di Sala sebesar Rp. 700.000,-. Namun, itu adalah hasil dari bunga deposito salah satu bank negara.

Hukum Penggunaan Uang Deposito untuk Bayar Sekolah

Investasi dalam istilah fiqihnya dikenal dengan istilah istishna’, yaitu aqad investasi usaha. Dalam investasi terdapat nisbah rasio keuntungan yang harus diberikan kepada pihak shahibul maal (nasabah) oleh pelaku usaha melalui wakilnya yaitu mudlarib (bank).

Konsultasi Psikologi: Sosok Pendamping, Mungkinkah Ada?

Saya juga berpikir, jangan-jangan saya kepribadian ganda. Tapi yang paling bikin penasaran adalah siapa dia sebenarnya? Mungkin saya bisa dibantu untuk mengurai masalah ini? Terima kasih atas penjelasannya.

Brunei Resmi Terapkan Hukum Syariah

Brunei telah menerapkan hukum syariah. Bagaimana bisa demikian?

Perilaku di Bidang Syariah Warga Nahdlatul Ulama

Perilaku di bidang syariah menjadi salah satu ciri warga Nahdlatul Ulama.

Universitas Al Asyariah Mandar Sulbar

Universitas Al Asyariah Mandar ( UNASMAN) berdiri tahun 1975 yang ditandai dengan didirikannya dua buah perguruan tinggi yang bernama STKIP dan STIP, selanjutnya pada tahun 2004

Dilirik Negara Lain, Potensi Ekonomi Syariah Indonesia Sangat Besar

Perusahaan investasi asal Amerika Serikat (AS), Stern Resources (SR) Group, tertarik menggarap ekonomi syariah Indonesia. Sebab, peluangnya sangat tinggi.

PCNU Pati Nilai Penanganan Jenazah Covid-19 Sudah Sesuai Syariah

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pati, KH Yusuf Hasyim mengungkapkan penanganan prosesi penguburan jenazah Covid-19 sudah sesuai ketentuan Syariah.

Bolehkah Melarungkan Jenazah ke Laut?

Manusia itu termasuk makhluk yang mulia. Salah satu cara memulyakan kemuliaan manusia, ketika mereka meninggal dunia maka harus dikebumikan. Ikrom al-Mayit dafnuha.

Mekanisme Penghimpunan Dana Perbankan Syariah

Dari kedua pasal di atas bahwa bank adalah lembaga keuangan yang menjalankan kegiatan usahanya baik secara syariah maupun konvensional dalam fungsinya sebagai intermediasi antar masyarakat yang memiliki dana lebih (deposan) dengan masyarakat yang  membutuhkan dana (kreditur).

Dakwah Ulama Aswaja Menurut Ustadz Ma’ruf Khozin

Ajaran Islam terdiri dari Aqidah, Syariah/ Fikih dan Akhlah/ Tasawuf. Ini adalah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Sumber Dana Bank Syariah Vs Bank Konvensional

Sebelum membahas sumber-sumber dana dalam bank syariah. Kita harus mengetahui dulu sumber-sumber dana bank itu apa sih?. Yang dimaksud dengan sumber-sumber dana bank adalah usaha bank dalam menghimpun dana untuk membiayai operasinya.

Keuntungan Meminjam Uang di Bank Syariah

Kontribusi syariah di dunia perbankan Indonesia yang mayoritasnya muslim hanya mencapai 10%. Padahal, ada banyak keuntungan finansial yang bisa didapat oleh para nasabah.

Manhaj Penetapan Fatwa Hukum Ekonomi Syariah di Indonesia

Menurut KH. Ma’ruf Amin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (2015-2020), salah satu syarat untuk berijtihad atau menetapkan fatwa adalah harus memenuhi metodologi atau manhaj. Menetapkan fatwa tanpa manhaj, dilarang oleh agama.

Geliat Bank Syariah Mendongkrak Asuransi di Indonesia

Industri asuransi Syariah di Indonesia diminta lebih aktif dan inovatif dalam kemajuan asuransi di Indonesia guna mengembangkan ekonomi di masyarakat. Sektor keuangan syariah diklaim memiliki ketahanan lebih baik dibandingkan konvensional selama pandemi Covid-19.

Membangun Kawasan Industri Halal untuk Memajukan Ekonomi Syariah

Ekonomi dan perbankan syariah yang ada di Indonesia seperti yang telah kita ketahui menduduki posisi ke 37 posisi ini terbilang sudah cukup baik namun Indonesia masih tetap berada di bawah Negara Malaysia.

4 Alasan Mengapa Bank Syariah Didirikan di Indonesia

Bank syariah adalah lembaga keuangan yang operasional dan produknya dikembangkan berdasarkan landasan alquran dan adis nabi SAW.

Peran Bank Syari’ah dalam Kemajuan Ekonomi Indonesia

Peranan perbankan sangat mempengaruhi kegiatan ekonomi suatu negara. Bank dapat dikatakan sebagai darahnya perekonomian suatu negara. Oleh karena itu kemajuan suatu bank di suatu negara dapat pula dijadikan ukuran kemajuan negara yang bersangkutan.

KH. Ma’ruf Amin: Babak Baru Ekonomi dan Keuangan Syariah Indonesia

Artikel ini adalah tulisan KH. Ma'ruf Amin (Wakil Presiden RI) tentang babak baru ekonomi dan keuangan syariah Indonesia. Selamat membaca.

Aplikasi Compass dan Skema Bisnis Haramnya

Tidak ubahnya seperti Alimama Apk dan Share4Pay, bentuk tawaran Compass Apk terhadap penggunanya adalah melakukan sebuah misi belanja, namun tidak sebagaimana umumnya orang belanja.

Cukup Indonesia, untuk Apa Ada Negara Idaman Lain

Menginginkan hidup dalam suatu negara yang adil, makmur dan sejahtera merupakan naluri setiap warga negara. Suatu negara dibentuk memang untuk tujuan tersebut

Syari'at, Adat dan Bid'ah

Belakangan, marak kata syariah jadi kata imbuhan bagi nama lembaga, nama program, bahkan nama proyek. Seperti kita lihat ada BRI Syariah, Mandiri syariah, BNI Syariah, ini bagi lembaga keuangan

Membangun Citra Baik Perbankan Syariah

Diketahui bahwa masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam, sehingga kemungkinan banyak masyarakat Indonesia menabung di bank syariah. Tapi kenyataannya, masyarakat Indonesia lebih banyak menabung di bank konvensional

KH. Ma’ruf Amin, Bapak Pelopor Ekonomi Syariah

KH. Ma’ruf Amin adalah Wakil Presiden Indonesia periode 2019-2024. Mungkin tidak banyak orang tahu ruang gerak Kiyai yang kalem tapi energik itu. Beliau telah malang melintang berkecimpung dalam dunia organisasi dan dakwah.

Menampilkan 1 - 10 dari 50