Contoh Amaliyah Thariqah Mu'tabarah

 
Contoh Amaliyah Thariqah Mu'tabarah

Menekuni Membaca al-Quran dan Lain-lain Termasuk Thariqah Mu’tabarah

Pertanyaan :

Apakah menetapi membaca al-Qur’an, membaca Dalail al-Khairat dan mempelajari kitab Fath al-Qarib atau kitab Kifayah al-‘Awam itu termasuk thariqah Mu’tabarah?

Jawab :

Ya. Demikian itu termasuk thariqah mutabarah.

Keterangan, dari kitab:

  1. Salalim Fudhala’ Syarh Hidayah al-Adzkiya’[1]

وَلِكُلِّ وَاحِدِهِمْ طَرِيْقٌ مِنْ طُرُقٍ $ يَخْتَارَهُ فَيَكُونُ مَنْ ذَا وَصَلَا كَجُلُوْسِهِ بَيْنَ اْلأَنَامِ مُرَبِّيًا $ وَكَكَثْرَةِ اْلأَوْارَدِ كَالصَّوْمِ وَالصَّلاَ وَكَخِدْمَةٍ لِلنَّاسِ وَالْحَمْلِ الْحَطَبِ $ لِتَصَدَّقٍ بِمُحَصَّلٍ مُتَمَولاً وَبَعْضُهُمْ يُكْثِرُ اْلأَوْرَادَ أَي وَظَائِفَ الْعِبَادَاتِ مِنَ الصَّلاَةِ وَالصَّوْمِ النَّافِلَيْنِ وَقِرَاءَةِ الْقُرْآنِ وَالتَّسْبِيْحِ فَهَذَا مِنْ دَرَجَاتِ الْمُتَجَرِّدِيْنَ لِلْعِبَادَةِ وَمِنْ طُرُقِ الصَّالِحِيْنَ.

Masing-masing dari ulama itu punya thariqah dari thariqah-thariqah yang ia pilih, maka mereka bisa wushul Ilallah, Seperti duduknya di tengah masyarakat sebagai guru, memperbanyak wirid-wirid seperti puasa dan shalat, Seperti melayani masyarakat dan membawa (hasil pencarian) kayu bakar untuk disedekahkan hasilnya setelah ditukar dengan uang.

Syaikh Nawawi bin Umar al-Bantani berkata: “Dan sebagian dari mereka memperbanyak wirid-wirid, yakni tugas-tugas ibadah seperti shalat dan puasa sunnah, membaca al-Qur’an dan tasbih, maka yang demikian ini termasuk derajat orang-orang yang memang mengkhususkan diri beribadah dan thariqah orang-orang saleh.

[1] Muhammad Nawawi al-Jawi, Salalim Fudhala’ Syarh Hidayah al-Adzkiya’ pada Kifayah al-Atqiya’ wa Minhaj al-Ashfiya’, (Semarang: Usaha keluarga, t. th.), 13.

 

Sumber: Ahkamul Fuqaha no. 116

KEPUTUSAN MUKTAMAR NAHDLATUL ULAMA KE-6

Di Pekalongan Pada Tanggal 12 Rabiuts Tsani 1350 H. / 27 Agustus 1931 M.