Non Muslim Mengucap Kalimat Syahadat Sebelum Meninggal Dunia, Apakah Masuk Islam?

 
Non Muslim Mengucap Kalimat Syahadat Sebelum Meninggal Dunia, Apakah Masuk Islam?

Laduni.ID, Jakarta - Dalam kehidupan sosial banyak dari kita yang memiliki sahabat, teman, rekan, tetangga atau bahkan keluarga yang memiliki keyakinan dan agama yang berbeda. Tentu hal ini tidak lantas menjadi penghalang bagi kita untuk saling menghormati dan menjaga kehidupan sosial kita sehingga terjalinnya hubungan yang harmonis.

Kemudian dalam beberapa kesempatan kita mungkin pernah menemukan seorang non muslim yang mengucapkan dua kalimat syahadat saat sebelum meninggal dunia. Lantas apakah orang tersebut masuk Islam atau tidak ? apakah orang tersebut masuk surga atau tidak ?

Mari kita simak penjelasan dari pertanyaan di atas.dengan memulai dari Hadits Rasulullah Saw yang menyatakan bahwa orang yang menjelang ajalnya mengucapkan kalimat tauhid atau La Ilaha Illallah maka masuk surga yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dalam Sunan-nya.

عَنْ مُعَاذَ بْنِ جَبَلٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ كَانَ آخِرَ كَلَامِهِ لَا إِلٰهَ إِلَّا الله دَخَلَ الْجَنَّةَ

Dari Mu’adz bin Jabal R.A ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata, ‘Siapa pun yang akhir ucapannya (ketika menjelang ajal) kalimat La ilaha illallah maka ia masuk surga’.”

Jika kita memahani hadits tersebut secara literlek, maka akan tersirat dalam fikiran kita betapa mudahnya masuk surga. Sehingga dimungkinkan akan banyak manusia yang berbuat sesukanya dengan harapan diakhir hayat mereka cukup membaca kalimat syahadat, maka jaminannya adalah surga. Maka ada penjelasan dari berbagai ulama mengenai hadits ini.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN