Pengertian Hadis Nabi tentang Terjadinya Langit dan Bumi

 
Pengertian Hadis Nabi tentang Terjadinya Langit dan Bumi

Ta’wil Hadits “Di mana Tuhan Sebelum Terjadi Langit dan Bumi.”

Pertanyaan :

Apa arti hadits dalam Badai’ al-Zuhur dan bagaimana ta’wilnya?, Imam Ahmad menceritakan dalam kitab Musnadnya dari ‘Amir al-’Uqaili berkata: “Saya berkata begini, ya Rasulullah, di mana Tuhan sebelum terjadinya bumi dan langit?” Rasulullah Saw. menjawab: “Tuhan berada di awan, di atasnya angin dan bawahnya angin pula.”

Jawab :

Sesungguhnya  hadits dalam Badai’ al-Zuhur itu ada ucapan yang tersirat, yaitu ‘Arasy; lengkapnya pertanyaan begini: : “Di mana ‘Arasy Tuhan?”

Keterangan, dari kitab:

  1. Al-Fatawal al-Haditsiyah [1]

وَأَخْرَجَ التِّرْمِذِيّ قُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهَ اَيْنَ كَانَ رَبُّنَا قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ خَلْقَهُ؟ قَالَ: كَانَ فِيْ غَمَامٍ مَا تَحْتَهُ هَوَاءٌ وَمَا فَوْقَهُ هَوَاءٌ وَخَلَقَ عَرْشَهُ عَلَى الْمَاءِ إِلَى أَنْ قَالَ: وَلاَ بُدَّ فِي الْحَدِيْثِ مِنْ حَذْفِ مُضَافٍ تَقْدِيْرُهُ اَيْنَ كَانَ عَرْشُ رَبِّنَا فَحُذِفَ ...الخ

Diriwayatkan oleh al-Tirmidzi, “Aku bertanya, wahai Rasulullah, di manakah Tuhan kita sebelum menciptakan makhluk-Nya? Rasulullah menjawab:...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni