Pesantren Mamba'ul Hikam Blitar

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP2
MA/SMA2 Maly/Univ.1
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Mamba'ul Hikam Blitar

Profil
Pondok Pesantren Mambaul Hikam berdiri sejak tahun 1907, didirikan oleh KH. Abdul Ghofur. Beliau adalah putra dari Kiai Asnawi dan Nyai Sholihah yang berasal dari Desa Blangkah, Kecamatan Pakis, Kabupaten Trenggalek. Beliau adalah seorang yang sangat alim dan menguasai banyak bidang keilmuan. menurut riwayatnya beliau pernah mondok diberbagai pondok pesantren diantaranya Ponpes Mangunsari Nganjuk dan Juga Ponpes Mablong Kediri.

Menurut riwayatnya, KH. Abdul Ghafur sebenarnya adalah seorang putra mantu dari seorang kaya dan sangat dermawan yang bernama H. Munajat. Melihat kesalehan serta kealiman yang dimiliki Abdul Ghofur kemudian H. Munajat mengambilnya sebagai putra mantu.

“Menurut sejarah, dulunya masyarakat sini tidak seperti mertuanya yaitu Mbah Munajat, masyarakat sekitar masih cenderung islamnya abangan bisa dikatakan seperti itu. Terus Mbah Kiai Abdul Ghofur melakukan pendekatan pada masyarakat masih pada ranah manusiawi, dan pendekatan sosial, belum pada mengajak ke ibadah dan keimanan,” tutur Muhammad Dhuhri (41), Lurah di Pondok Pesantren Mambaul Hikam.

Melihat fakta sosial keagamaan masyarakat sekitar yang masih memprihatinkan, Abdul Ghofur merasa terpanggil untuk membenahi keadaan. Tuntutan dan tanggung jawab keilmuan beliau diaplikasikan dengan merintis dakwah yang diawali dengan mendirikan Musholla atau Langgar kecil. Dengan modal dasar mendirikan tempat beribadah berupa mushola inilah KH. Abdul Ghofur mulai berdakwah dengan sistem bersilaturahmi ke rumah-rumah warga untuk memberikan pemahaman nilai-nilai keislaman serta mengajak masyarakat untuk beribadah dan mengaji di musholla.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.