Pesantren al-Urwatul Wustqo Jombang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.1
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren al-Urwatul Wustqo Jombang

PROFIL

Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo terletak di Jalan KH. M. Ya’qub Husein Po. Box. 011 Desa Bulurejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang, kurang lebih 12 km arah selatan dari Kota Jombang. Pondok Pesantren yang mempunyai prinsip‚ bebas biaya bagi santri yang belum dimampukan oleh Allah‛ ini memiliki fokus pembelajaran pada pembelajaran tasawuf di semua praktiknya dan pesantren yang terbilang cukup ‚unik‛ ini lebih dikenal masyarakat dengan sebutan ‚Pondok UW‛ yang diambil dari inisial nama lembaganya yaitu, al-Urwatul Wutsqo.

SEJARAH

KH. M. Ya’qub Husein merupakan pendiri Pondok Pesantren alUrwatul Wutsqo Jombang. KH. M. Ya’qub Husein yang masa kecilnya bernama Soedjono merupakan sosok pemimpin yang berasal dari golongan keluarga ‚abangan‛, yaitu keluarga yang awam dalam persoalan agama Islam yang hidup di tengah masyarakat Indonesia sebagaimana pada umumnya pada masa itu, yaitu Islam adat.

Soedjono yang selanjutnya menjadi KH. M. Ya’qub Husein, menamatkan sekolah dasar yang saat itu bernama Sekolah Rakyat (SR) di Desa Blimbing Kecamatan Gudo yang berjarak tempuh sekitar 5 km arah selatan dari Desa Bulurejo dengan berjalan kaki setiap hari. Kemudian beliau melanjutkan menimba ilmu agama dan mondok di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang yang berjarak kurang lebih 3 km arah barat dari Desa Bulurejo, di bawah asuhan KH. Hasyim Asy’ari yang tidak lain adalah kakek dari Presiden ke-5 Republik Indonesia, KH. Abdurrahman Wahid yang kita kenal sebagai Gus Dur dan merupakan pendiri Jam’iyah Nahdlatul Ulama’ (NU), sebuah organisasi kemasyarakatan terbesar di Indonesia.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.