Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in Jombang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in Jombang

Profil

Pondok pesantren Tarbiyyatun Nasyi’in Paculgowang ini didirikan oleh KH. Alwi kurang lebih tahun 1880 M. Pondok ini awalnya dari musholla kecil yang dipergunakan sebagai tempat ibadah dan mengajar ilmu agama pada penduduk setempat. Setelah beberapa saat berselang, kemudian ada beberapa penduduk setempat yang menitipkan anaknya kepada Beliau, bahkan ada yang berasal dari Jawa Tengah.

Setelah dirasa jumlah santri cukup banyak maka dibangunlah sebuah bangunan yang sangat sederhana disebelah selatan musholla (sekarang Masjid), untuk dijadikan asrama santri. Semakin hari semakin banyak sehingga asrama tidak dapat memadai, maka pada tahun 1900 M dibangunlah sebuah bangunan yang sangat besar yang terletak disebelah selatan musholla, dan bangunan ini sekarang dikenal dengan nama komplek Al Hidayah. Untuk mengenang dan mengharap nilai barokahnya, komplek tersebut sengaja dipertahankan bentuk bangunannya yang berarsitek jawa kuno.

Setelah tahun 1991 M. KH. Alwi berpulang ke Rahmatulloh, KH. Anwar kemudian menggantikan kedudukan KH. Alwi Almarhum sebagai pengasuh pondok. Beliau adalah santri KH. Kholil Shohibul Fadhilah yang telah menyelesaikan pendidikan di Tanah Suci Makkah Al Mukarromah. Beliau adalah sahabat dekat KH. Hasyim Asy’ari, pendiri pondok peasntren Tebuireng yang juga kawan akrab Hadrotul kirom KH. Abdul Kariem, pendiri pondok pesantren Lirboyo.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya