Pesantren Ash-Shomadiyah Tuban

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Ash-Shomadiyah Tuban

Profil
Pondok Pesantren Ash-Shomadiyah  ini berada di Kelurahan Kingking Kecamatan Tuban. Awal mula berdirinya Pondok Pesantren Ash- Shomadiyah Makam Agung ini sekitar tahun 1700-an Masehi oleh SyekhShomadiyah, seorang waliyullah yang berasal dari Morosemo dan makbarohnya ada di belakang masjid Makam Agung Tuban.

Konon, cikal bakal Pondok Pesantren Ash-Shomadiyah ini bermula ketika Mbah Shomadiyah yang selalu rutin shalat jama’ah maghrib dan isya’ di Masjid Agung, sebelah barat Alun- alun Tuban. Jalan yang dilalui Mbah Shomadiyah berjalan kaki ke masjid terdapat markas Belanda. Pada jam-jam sore itulah kegiatan kompeni bersenang-senang dengan membunyikan musik. Ketika Mbah Shomadiyah lewat, suara musik itu tiba-tiba tidak bunyi.

Begitu Mbah Shomadiyah sudah berlalu, suara musik bisa berbunyi lagi. Begitu kejadian berulang-ulang setiap petang terjadi. Akhirnya penguasa Belanda berupaya supaya Mbah Shomadiyah tidak melewati jalan tersebut, maka diupay^kan Mbah Shomadiyahpunya lahan dan masjid sendiri supaya tidak jalan lewat markas Belanda tersebut. Tempat itulah yang kini terkenal dengan nama kompleks Pondok Pesantren Makam Agung.

Lembaga pendidikan ini dahulunya hanya sebuah masjid kecil tempat pendiri Pondok Pesantren Makam Agung, SyekhShomadiyah mengajarkan ilmunya dan menggembleng masyarakat sekitar untuk shalat jamaah dan mengaji atau ta’lim.Mbah Shomadiyah mengasuh pondok pesantren ini hingga wafat dan kepengasuhan diteruskan oleh keturunannya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.