Pesantren Daruth Tholibin Tuban

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Daruth Tholibin Tuban

Profil
Pesantren Daruth Thalibin merupakan pesantren yang terletak  di atas bukit  yang berada di dusun Bamban, Sidodadi, Bangilan, Tuban yang dinaungi oleh Yayasan Pondok Pesantren Daruth Tholibin Soto. Selain pondok pesantren salaf didalamnya juga terdapat sekolah formal yaitu Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan SMK Plus.

Pesantren ini didirikan oleh Kyai Masruh berdiri pada tahun 1986.  Beliau merupakan alumni pesantren Raudlatut ThalibinTanggir, Singgahan, Tuban, dan Pondok pesantren Darussalam Blok Agung, Banyuwangi, Jawa Timur.


Sejarah
Berdirinya pondok pesantren Daruth Thalibin mempunyai sejarah yang sangat panjang,  perjuangan ini telah dimulai oleh Almaghfurlah KH. Abdussyakur (Abah Nyai Chodijah) yang merupakan seorang kyai langgar di desanya. Beliau mempunyai santri-santri yang sebagian besar non mukim (santri kampung yang tidak menetap di pondok).

Kemudian setelah menikahkan putri bungsunya dengan abah kyai Masruh, dilanjutkan estafet perjuangan ini oleh menantunya dengan mendirikan madrasah diniyah dengan nama Miftahus Salam pada tahun 1984 di dusun Soto, Sidodi, Bangilan, Tuban. Kemudian di tahun yang sama abah dan ibu mendirikan yayasan yang diakui secara resmi  dengan nama Yayasan Pondok Pesantren Daruth Tholibin Soto.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.