Pesantren Al-Amin Sukabumi

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Amin Sukabumi

PROFIL

Pondok Pesantren Al-Amin merupakan satu dari empat pesantren yang ada di Desa Nangerang. Pesantren ini terletak di desa Nagerang yang berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di sisi Timur, desa Benda dan desa Tenjoayo di sisi Utaranya, desa Wangunjaya, kecamatan Ciambar dan desa Purwasari di sisi Selatannya dan desa Cicurug di sisi Baratnya. Secara geografis, pesantren ini berada tidak jauh dari jalan utama Sukabumi yaitu persis sebelum memasuki pasar Cicurug, disisi sebelah kiri, jalan yang tidak begitu besar menjadi pintu masuk menuju Pesantren Al-Amin tersebut.

Dalam sejarahnya, Pesantren Al-Amin Sukabumi merupakan pesantren yang cukup berumur, Pesantren ini awalnya didirikan pada tahun 1920an dengan nama Ma’hadul Furqon oleh KH. Kurdi Usmawijaya. KH. Kurdi Usmawijaya atau dipanggil Mamah Kurdi memiliki satu orang anak yang bernama KH. Ismatullah yang meneruskan perjuangannya dalam mengelola pesantren hingga wafat pada tahun 1980. Tampuk kepemimpinan pesantren kemudian berpindah kepada KH. Hidayatullah atau biasa disebut sebagai Ajengan Aeh yang merupakan menantu hingga tahun 2005.

Ma’hadul Furqon berubah menjadi Pesantren Al-Amin pada tahun 1975. Pesantren Al-Amin saat itu dipimpin oleh seorang Kiyai dalam tradisi Jawa Barat dikenal dengan sebutan Ajengan Abdul Basith yang merupakan putera tertua dari Ajengan Aeh. Beliau memimpin pesantren sejak meninggalnya Ajengan Aeh tersebut. Ajengan Basith juga merupakan mantan ketua PCNU Kabupaten Sukabumi dan pesantren Al-Amin merupakan salah satu pesantren yang masuk dalam komunitas NU.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.