Wisata Religi dan Ngalap Berkah di Makam Sunan Giri Wasiyat

 
Wisata Religi dan Ngalap Berkah di Makam Sunan Giri Wasiyat

Seperti beberapa wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang lainnya, Kabupaten Banjarnegara juga menawarkan tempat wisata yang sangat beragam. Salah satunya Makam Sunan Giri Wasiyat yang berada di Desa Dagan, Bondolharjo, Kec. Punggelan, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Beliau adalah salah satu wali penyebar agama Islam yang diutus ayahnya Sunan Giri menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa Tengah bagian barat.

Selalu ada peziarah yang datang ke makam Sunan Giri Wasiyat, mereka datang dari berbagai daerah, bahkan ada yang berasal dari luar Jawa. Makam dan petilasannya masih terawat hingga sekarang, niat dan tujuannya beragam, sesuai kehendak masing-masing berziarah di makam ini.

Asal-usul Nama Sunan Giri Wasiyat
Nama Sunan Giri Wasiyat memang terdengar asing ditelinga kita semua. Dibandingkan dengan nama-nama seperti Sunan Kalijaga, Sunan Gunung Jati, ataupun Sunan-Sunan lain yang masuk dalam predikat Walisongo, nama Sunan Giri Wasiyat memang masih jarang yang tahu. Namun meskipun begitu, peran Sunan Giri Wasiyat dalam menyebarkan kawruh agama Islam tidak bisa dibilang sepele.

Sunan Giri Wasiyat adalah putra kedua dari Sunan Giri. Kakaknya bernama Prabu Jaka, sementara adiknya bernama Sunan Gripit dan Nyai Sekati. Sunan Giri Wasiyat bersama kedua adiknya bertugas menyebarkan agama islam di wilayah Pulau Jawa bagian tengah. Dan salah satu yang menjadi tempatnya menyebarkan agama islam yaitu di wilayah yang sekarang bernama Banjarnegara.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN