Pesantren (Dayah) Ummul Ayman Aceh

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren (Dayah) Ummul Ayman Aceh

Profil
Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Ummul Ayman adalah sebuah lembaga sosial yang bergerak di bidang pendidikan dan pelayanan kesejahteraan terhadap anak yatim dan yatim piatu. Lembaga ini berdomisili di Desa Gampong Putoh, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh. Lembaga ini didirikan oleh Tgk. H. Nuruzzahri (Waled Samalanga) pada tahun 1990 dengan nomor registrasi 26 tanggal 22 Juli 1991 yang beralamat Jalan Mesjid Raya Desa Gampong Putoh Kecamatan Samalanga Kabupaten Aceh Utara (sekarang Kabupaten Bireuen).

Kemudian pada tahun 2011, YPI Ummul Ayman membuat perubahan akta dengan nomor 01 tanggal 9 Maret 2011 dan mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan nomor AHU-2565.AH.01.04. tahun 2011.

Sejak itu, dana untuk menyantuni sekitar 250 anak yatim/yatim piatu tiap tahunnya bersumber dari hasil sumbangan amal berupa padi dan uang tunai dari desa-desa dalam kemasjidan Mesjid Raya Samalanga, dari donator luar, dan dari pengusaha lainnya. Sekali waktu juga ada santunan-santunan dari warga setempat. Santunan tersebut hanya berupa sekadar pemberian nasi, sepotong kain baju, serta uang tunai Rp. 500,- per anak yatim/yatim piatu yang disesuaikan menurut kemampuan yang ada.

Pada beberapa hari juga diadakan ceramah agama yang dihadiri oleh muspika setempat dan tokoh-tokoh masyarakat untuk meningkatkan pembinaan dan perhatian bagi anak-anak yatim/yatim piatu secara berkesinambungan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.