Pesantren Darul Muttaqien Temanggung

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Darul Muttaqien Temanggung

PROFIL

Pesantren Darul Muttaqien merupakan profil pesantren salaf yang mengadopsi sistem pendidikan modern (klasikal). Selain kajian kitab kuning dengan model sorogan, pesantren ini mengelola pendidikan formal: Madrasah Ibtidaiyah, SMP, dan Madrasah Aliyah. Santrinya tak saja dari wilayah lokal Temanggung dan sekitarnya, namun juga dari luar Jawa, seperti Jambi, Palembang, Riau, bahkan Kalimantan.

Pesantren Darul Muttaqien kini memiliki divisi Tahfidzul Quran. Para santri yang mengikuti program ini diberikan tempat dan bimbingan tersendiri. Selain itu, Darul Muttaqien juga memberikan perhatian khusus kepada para santri dari kalangan duafa. Para santri yatim-piatu dan dari kalangan masyarakat kurang mampu tidak dipungut SPP serta dibebaskan dari biaya makan.

Selain kegiatan majlis taklim harian, Pesantren Darul Muttaqien juga menggelar kegiatan mingguan maupun selapanan. Pengajian untuk masyarakat sekitar digelar setiap Senin, mulai pukul 11.00 hingga selesai. Adapun kegiatan mujahadah diselenggarakan setiap Ahad Wage pagi hari. Kegiatan ini tak saja diikuti para santri, namun para wali santri, dewan guru (asatidz) dan masyarakat umum.

Jenjang Pendidikan SMP dan MA,  untuk menambah bobot pengajian, dalam pelajaran juga masih ada pengajian yang diberikan oleh santri senior yang sudah mampu. Pengajian ini mengambil celah-celah waktu senggang santri. Semua sistem yang dipergunakan adalah model bandongan, yakni guru membaca kitab, para santri kemudian memberi makna gandhul (bahasa Jawa), atau model sorogan, yakni santri membaca kitab secara aktif yang dibimbing oleh santri senior. 

Sejarah

Pondok Darul Muttaqien memang dikenal sebagai pesantren salaf, namun kurikulumnya bervisi global. Diklaim sebagai pesantren salaf yang disinergikan dengan pendidikan modern, bukan pesantren salaf yang “dimodernkan”.

Didirikan pada 1965 oleh salah satu kiai ternama, KH  Cholil Asy’ari, Pesantren Darul Muttaqien berlokasi di Dusun Bolong, Desa Ngaditirto, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Lokasinya berada di daerah pegunungan, berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Temanggung. Saat ini, jumlah santri putra-putri mendekati 1000 jiwa, dengan jumlah ustadz sekitar 30 orang. Para santri dating dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Temanggung, Magelang, Kendal, Jambi, Palembang, Riau, dan Kalimantan.

Sebagai pesantren salaf yang disinergikan dengan pendidikan modern, Darul Muttaqien akan memastikan para santrinya memiliki keunggulan ilmu agama, keteguhan iman, berakhlakul karimah, dan menguasai teknologi sesuai dengan perkembangan global. Tak lupa, dalam kurikulum pendidikannya, Darul Muttaquen juga menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada seluruh santrinya.

Tetap dengan Sorogan

Menyandang status pesantren salaf, Darul Muttaqien tetap mewajibkan pengkajian kuning kepada semua santri. Terbukti, meskipun sudah disinergikan dengan pendidikan modern, pengkajian kitab kuning di pondok ini tetap dilakukan dengan sistem sorogan. Sistem sorogan tetap diterapkan dengan disiplin tinggi. Misalnya, ustadz dan ustadzah akan bersikap tegas dalam memberikan hukuman bagi santri yang tidak hafal atau tidak bisa membaca dengan benar.

Di sisi lain, sebagai pesantren salah yang disinergikan dengan pendidika modern, di Pondok Darul Muttaqien juga diselenggarakan Pendidikan formal. Ada Madrasah Ibtidaiyah (setingkat SD), Madrasah Tsanawiyah (SMP), dan Madrasah Aliyah (SMA). Selain itu, Pesantren Darul Muttaqien juga membuka pesantren tahfidzul Quran yang diberikan tempat dan bimbingan khusus. Ada juga pesantren Dhu’afa, yang dikhususkan bagi santri yatim/piatu/yatim piatu/tidak mampu. Di sini, santri tidak dipungut biaya baik dari SPP ataupun biaya makan.

Pendiri
KH.  Cholil Asy’ari

Pengasuh
1. KH.  Cholil Asy’ari
2. kH. Muhammad Abdul Muhith

PENDIDIKAN

​​Pendidikan Formal
1. SMP
2. MA
Pendidikan non Formal
1. Tahfidzul Qur’an
2. Madrasah Diniah

EKSTRAKURIKULER

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

1. Sholawat Adziba’
2. Sholawat al Barjanji
3. Sholawat Burdah
4. Mujahadah
5. Seni baca Al-Qur’an
6. Khittobah
7. Menjahit
8. Pertanian
9. Perikanan
10 Kaligrafi
11. Pidato tiga Bahasa
12. Nasyid
13. Kelompok IImiah Santri
14. Praktek Da’wah Santri
15. Pramuka
16. PMR
17. Perakitan Robot Hexsapod
18. Pembuatan Blog


Mujahadah para santri di Pesantren Darul Muttaqien


Muthola'ah kitab santriwati di Pesantren Darul Muttaqien

FASILITAS

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Gedung Asrama
3. Gedung Sekolah
4. Laboratorium Komputer
5. Laboratorium IPA
6. Laboratorium Bahasa
7. Lapangan
8. Koperasi pesantren
9. Kantin
10. Aula
11. Kantor
12. Kantor Kepala Madrasah
13. Poskestren
14. Sanitasi/MCK


Masjid di Pesantren Darul Muttaqien


Gedung Sekolah di Pesantren Darul Muttaqien
 

ALAMAT

Dusun Bolong, Desa Ngaditirto Kecamatan Selopampang Kab. Temanggung, Jawa Tengah
Kode Pos: 56262
Email  :
darulmuttaqien.alkholily@gmail.com
Telepon: (0293) 529350
             0812-2633-8047
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi  https://darulmuttaqien.com

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

 

 

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.