Pesantren Darul Muttaqien Temanggung

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Darul Muttaqien Temanggung

PROFIL

Pesantren Darul Muttaqien merupakan profil pesantren salaf yang mengadopsi sistem pendidikan modern (klasikal). Selain kajian kitab kuning dengan model sorogan, pesantren ini mengelola pendidikan formal: Madrasah Ibtidaiyah, SMP, dan Madrasah Aliyah. Santrinya tak saja dari wilayah lokal Temanggung dan sekitarnya, namun juga dari luar Jawa, seperti Jambi, Palembang, Riau, bahkan Kalimantan.

Pesantren Darul Muttaqien kini memiliki divisi Tahfidzul Quran. Para santri yang mengikuti program ini diberikan tempat dan bimbingan tersendiri. Selain itu, Darul Muttaqien juga memberikan perhatian khusus kepada para santri dari kalangan duafa. Para santri yatim-piatu dan dari kalangan masyarakat kurang mampu tidak dipungut SPP serta dibebaskan dari biaya makan.

Selain kegiatan majlis taklim harian, Pesantren Darul Muttaqien juga menggelar kegiatan mingguan maupun selapanan. Pengajian untuk masyarakat sekitar digelar setiap Senin, mulai pukul 11.00 hingga selesai. Adapun kegiatan mujahadah diselenggarakan setiap Ahad Wage pagi hari. Kegiatan ini tak saja diikuti para santri, namun para wali santri, dewan guru (asatidz) dan masyarakat umum.

Jenjang Pendidikan SMP dan MA,  untuk menambah bobot pengajian, dalam pelajaran juga masih ada pengajian yang diberikan oleh santri senior yang sudah mampu. Pengajian ini mengambil celah-celah waktu senggang santri. Semua sistem yang dipergunakan adalah model bandongan, yakni guru membaca kitab, para santri kemudian memberi makna gandhul (bahasa Jawa), atau model sorogan, yakni santri membaca kitab secara aktif yang dibimbing oleh santri senior. 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.