Pesantren Tapak Sunan Jakarta Timur

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Tapak Sunan Jakarta Timur

Profil
Pondok Pesantren Tapak Sunan yang terletak di Rt. 003/05 Kelurahan Balekambang Kecamatan Kramat Jati, Condet Jakarta Timur adalah sebuah pesantren yang berada di tengah perkampungan dan di lingkungan yang heterogen, baik dalam segi mata pencaharian maupun dari segi kebuayaan. Keberadaan Pondok Pesantren Tapak Sunan berjalan melalui proses panjang.

Awalnya merupakan kelompok pengajian di langgar atau musholla-musholla di wilayah DKI Jakarta yang dipimpin oleh KH. Drs.Muhammad Nuruddin Munawwar dalam bentuk majlis ta’lim yang berjumlah 27 (dua puluh tujuh) buah yang pada saat itu berada di bawah naungan Yayasan Ittihadul Anwar. Selain pengajian rutin tiap minggunya, melalui Yayasan Ittihadul Anwar diadakan pula pengajian bulanan yang dilaksanakan setiap awal bulan.

Karena pada saat itu Yayasan Ittihadul Anwar tidak memiliki tempat untuk menampung jamaah dari 27 (dua puluh tujuh) majlis ta’lim yang ada di bawah naungannya, maka dalam melaksanakan kegiatan pengajian bulanan tersebut menyewa Gedung Bamus Betawi. Setelah berjalan satu tahun pengajian bulanan dengan menyewa gedung Bamus Betawi, ada keinginan dari pimpinan untuk mendirikan tempat sendiri dalam bentuk pondok pesantren.

Maka mulailah dicari daerah yang cocok untuk dibangun tempat yang dimaksud. Setelah beberapa kali KH. Drs. Muhammad Nuruddin Munawwar melakukan istikharah, maka didapati daerah yang cocok untuk membangun tempat pengajian bulanan dan mendirikan pondok pesantren adalah tanah H. Yahya yang berada di daerah Condet. Mengapa diberi nama Tapak Sunan? Mungkin itu pertanyaan yang sering terlontarkan ketika orang pertama kali mendengar bahwa Tapak Sunan adalah nama sebuah Pondok Pesantren.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.