Ziarah di Makam Sunan Makdum, Pendakwah Islam dari Istanbul

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Sunan Makdum, Pendakwah Islam dari Istanbul

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta -Sunan Makdum atau Sayyid Abdurrahman adalah seorang ulama yang gigih dalam menyebarkan agama Islam di Nusantara. Beliau menyebarkan agama islam di wilayah Pasai lalu hingga ke wilayah pulau Jawa tepatnya di kabupaten Pati sampai akhir hayatnya.

Profil
Sunan Makdum bernama lengkap Sayyid Abdurrahman Al Makhdum merupakan salah seorang ulama asal Timur Tengah yang diberikan mandat oleh Khalifah Kerajaan Istanbul Turki, yakni Sultan Muhammad 1. Sultan Muhammad 1 menjadi salah satu raja paling kaya di antara raja-raja Islam lainnya yang punya andil besar dalam penyebaran ajaran Islam di Nusantara, salah satunya di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Sunan Makdum berdakwah sembari berdagang di Semenanjung Malaya dan di sekitar pulau Sumatera, Madura, dan Jawa. Kepada Sultan Muhammad 1, Sunan Makdum melaporkan bahwa sebagian penduduk telah memeluk agama Islam, tetapi pulau Jawa belum banyak sebab masih di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit untuk Jawa di bagian timur dan tengah dan Kerajaan Pajajaran untuk wilayah Jawa sebagian barat.

Lokasi Makam
Lokasi makam Sunan Makdum berada di Jalan Dr Susanto Desa Parenggan, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati yang saat ini berada di sekitar Jalan Dr Susanto Pati.

Haul
Haul Sunan Makdum sendiri dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram atau bulan Suro, banyak peziarah dan warga kelurahan Parenggan sendiri juga untuk memperingati haul Sunan Makdum dengan kegiatan islami.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam Sunan Makdum berada di desa Parenggan, Pati banyak dikunjungi peziarah hingga dari luar kota. Ada keyakinan dari para peziarah apabila berkunjung, berdoa, dan bertawassul melalui beliau maka berbagai hajatnya akan terkabul. Bagi para peziarah akan diberi kemudahan hajatnya apa yang diinginkannya akan terkabul, dimudahkan dalam mencari rejeki, dengan karomah dari Sunan Makdum bisa meningkatkan derajat, diberi kemudahan mendapatkan keturunan anakyang sholeh dan sholehah.

banyak dikunjungi para peziarah. Tak hanya datang dari wilayah Demak saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang makamnya berada di Komplek pemakaman Pati.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Pati di antaranya:
Carang Madu, Getuk Lupis, Kerupuk Ampo, Kerupuk Daging, Kue Moho, Telur lurik, Lepet Jagung, Jeruk Pamelo, Kacang Pati