Pesantren Sukamiskin Arcamanik, Bandung

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Sukamiskin Arcamanik, Bandung

Profil

Pondok Pesantren Sukamiskin salah satu pesantren tertua di Bandung yang didirikan oleh KH. Raden Muhammad bin Alqo pada tahun 1881 M ini telah mampu mencetak berbagai alumni yang tersebar di berbagai pelosok. Tak sedikit diantara alumni tersebut yang telah mendirikan pondok pesantren sebagai wadah memanfaatkan ilmu yang didapatnya selama di Sukamiskin.

Tidak sedikit ulama-ulama dan para Kiai yang sekarang mempunyai nama serta berpengaruh besar dalam masyarakat priangan khususnya dan masyarakat daerah Jawa Barat umumnya adalah hasil gemblengan dan godogan ilmu di Pondok Pesantren Sukamiskin Banyak yang tidak menyangka pesantren sukamiskin telah berdiri cukup lama, dan banyak menghasilkan para kyai yang akhirnya mendirikan pesantren-pesantren di kota Bandung.

Pondok Pesantren Sukamiskin berada di bawah pimpinan KH.R. Muhammad Alqo selama kurang lebih 29 tahun yakni dari tahun 1881 M sampai dengan 1910 M atau tahun 1300 H sampai dengan 1329 H. Dalam jangka waktu sekian ini beliau berhasil mendidik siswa-siswanya sehingga menjadi ulama besar.

Pesantren Sukamiskin kini telah berkembang menjadi pesantren modern yang telah memiliki pendidikan formal dibawah naungan kemenag dengan adanya Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah yang berada di lingkungan pesantren.

Sejarah

Pondok Pesantren Sukamiskin didirikan oleh KH. Raden Muhammad bin Alqo pada tahun 1881 M di Sukamiskin Bandung Jawa Barat. Banyak yang tidak menyangka Pesantren Sukamiskin telah berdiri cukup lama, dan banyak menghasilkan para kiai yang akhirnya mendirikan pesantren-pesantren di kota Bandung.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya