Pesantren Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari, Balikpapan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari, Balikpapan

PROFIL

Pondok pesantren ini didirikan dan diasuh oleh KH. Syarwani Zuhri, ulama besar yang pernah belajar kepada beberapa syaikh di Timur Tengah selama 12 tahun. Tanah seluas 30 ha itu dulunya hutan semak belukar. Pada pertengahan tahun 1987, tanah yang terletak di Km 19,5 Jalan Raya Balik­papan-Samarinda tersebut kemudian dibuka dan di atasnya didirikan pondok pesantren yang nama lengkapnya Pon­dok Pesantren Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari.

KH. Syarwani Zuhri, ulama besar yang pernah belajar kepada beberapa syaikh di Timur Tengah selama 12 tahun, dan terutama berguru kepada Almaghfurlah Guru Muhammad Syarwani Abdan Bangil. Atas pesan Guru Bangil pula, beliau berdakwah di Balikpapan. Sementara, teman seperguruannya, yaitu Zaini Abdul Ghani, yang kemudian terkenal dengan sebutan ”Guru Ijai”, ber­tugas di Martapura.

Nama ponpes dengan sebutan Syaikh Muhammad Arsyad Al‑Banjari atau Anumerta Datu Kelampaian karena sosok ini dianggap oleh sang pendiri sebagai ulama panutan yang dikenal sebagai ahli fiqih mazhab Syafi'i yang berasal dari kota Martapura di Tanah Banjar, Kalimantan Selatan.

Pendiri
Prof. Dr. KH. Ahmad Syarwani Zuhri Al Banjari

Pengasuh 
1. Prof. Dr. KH. Ahmad Syarwani Zuhri Al Banjari
2. KH. Muhammad Jailani Mawardi

PENDIDIKAN

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.