Pesantren Al-Ikhsan Beji Banyumas

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Pesantren Al-Ikhsan Beji Banyumas

PROFIL 

Pondok Pesantren Al-Ikhsan Beji berdiri pada tahun 1986. Dari waktu ke waktu keberadaan Pondok Pesantren Al-Ikhsan Beji semakin dikenal oleh masyarakat luas hingga ke luar daerah Kabupaten Banyumas, bahkan luar Jawa.Tidak sedikit santri dari luar daerah yang belajar dan  tinggal di Pondok Pesantren Al-Ikhsan, salah satu alasannya adalah adanya program pengembangan dwi-bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Keberadaan Pondok Pesantren Al-Ikhsan Beji sebagai lembaga pendidikan nonformal mengilhami para pendirinya untuk merintis lembaga formal, karena semakin banyak santri yang masuk pesantren ini adalah anak-anak usia sekolah. Maka, pada tanggal 21 Mei 1994 dibukalah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ikhsan, yang waktu itu kegiatan pembelajaran berlangsung di Aula Pondok Pesantren Al-Ikhsan Beji yang letaknya di utara masjid pesantren setempat.

Setelah berjalan beberapa tahun muncul gagasan baru untuk mendirikan sekolah menengah tingkat atas (MA), dengan pertimbangan agar para santri yang mengikuti pendidikan di Pondok Pesantren Al-Ikhsan Beji dapat melanjutkan sekolah tanpa harus keluar dari lingkungan Pondok Pesantren Al-Ikhsan Beji.

SEJARAH

KH. Abu Hamid, lahir pada Tanggal 13 Maret 1929 Serawak-Malaysia. beliau adalah putra pertama dari KH. Muhammad Sami’un dan Ibu.Nyai Sartinah. Beliau berasal dari keluarga ulama dan digembleng langsung oleh ayah beliau dari segi pendidikan agamanya sampai beliau menghatamkan dan menghafalkan beberapa kitab Tata Bahasa Arab seperti kitab (Al-Jurumiyah, Al-‘Imrity, Tasrif ‘Izy, Maqsud, dan Alfiyah Ibnu Malik) , menginjak dewasa beliau melanjutkan perjalananya dalam bertholabul ‘Ilmi yang dituju beliau sebagai guru adalah beliau Simbah K.H Muhammad Nuh di Pageraji, Cilongok.

Setelah beberapa lama berguru di pondok pesantren Darul Hikmah yang diasuh oleh Mbah Nuh ini, beliau melanjutkan perjalanan tolabul ilminya di Randegan, leler, Banyumas yang waktu itu berguru kepada KH. Hisyam Zuhdi yang sekarang dikenal Pondok Attaujieh yang diasuh oleh KH. Zuhrul Anam. Setelah belajar di leler kehausan beliau terhadap ilmu pengetahuan belumlah terobati sehingga beliau melanjutkan perjalanan pencarian ilmunya ke pondok Bendo – Pare – Kediri.

Semenjak di pondok pun beliau sudah berkiprah untuk santri – santri dipondok tersebut karena beliau bertugas menjadi “juru pengambil wesel” bagi para santri sampai dengan menjadi lurah pondok dan membangun pondok komplek purwokerto di pondok bendo, Sekitar delapan tahun lamanya beliau di Kediri menimba ilmu ahirnya beliau kembali ke kampung halamanya yang kemudian beliau memperistri “Ibu.Nyai.Fathonah Binti KH. M. Ikhsan Beji” setelah menikah beliau tinggal di Desa Beji, setelah pernikahannya beliau dikaruniai seorang putra yang diberi nama “Syarif Hidayatulloh”.

Seiring berjalannya waktu santri dari masyarakat sekitar berdatangan ingin menimba ilmu kepada beliau kemudian setelah mukimnya Gus Syarif beliau mendirikan pondok pesantren pada tahun 1986, yang diberi nama “AL-IKHSAN” yang pada waktu itu hanya membangun dua kamar “Kamar A1 dan A2”. bersama putranya (Gus Syarif) beliau berjuang untuk memajukan pesantren dengan terobosan baru di dunia pesantren yaitu dengan adanya program dwi bahasa di pondok pesantren Al-Ikhsan.

Pengasuh

  1. KH. Abu Hamid
  2.  KH. Ahmad Sodiq Mukhtar Idris

 

Baca juga :  Menyemir Rambut dengan Warna Hitam, Bolehkah?

PENDIDIKAN

​​Pendidikan Formal

  1.     MI
  2.     MTs
  3.     MA

​​Pendidikan Non Formal

  1.     TPQ
  2.     Madrasah Diniyah (MD)
  3.     Majelis Taklim 

Baca juga :  Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ)​ Wonosobo

EKSTRAKURIKULER
Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1.     Pramuka
  2.     Paskibra
  3.     Palang Merah Remaja (PMR)
  4.     Basket
  5.     Sepakbola
  6.     Voli
  7.     Futsal
  8.     Sains Club
  9.     English Club
  10.     Arabic Club
  11.     Hadrah
  12.     Pencak Silat
  13.     Marching Band


Hadrah di pesantren Al Ihsan

Komputer di pesantren Al Ihsan

FASILITAS

    Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1.     Masjid
  2.     Gedung asrama pondok
  3.     Gedung sekolah
  4.     Gedung BKK
  5.      Lab. Bahasa
  6.      Lab. Komputer
  7.      Lab IPA
  8.      Ruang Perpustakaan
  9.     Perpustakaan
  10.      Sarana Olahraga 
  11.      Klinik/Poskestren
  12.      Aula
  13.     Hotspot Area


Gedung sekolah di pesantren Al Ihsan
 


Gedung Sekolah di pesantren Al Ihsan
 

Baca juga :   Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung

ALAMAT

Komplek Pondok Pesantren Al-Ikhsan Beji RT. 04 RW. 02 Kec. Kedungbanteng Kab. Banyumas, Jawa Tengah


Kode Pos         :    53152

Telepon            :   (0281) 6840758

 

KUNJUNGI JUGA

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.