Pesantren Annida Al-Islamy Bekasi

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Annida Al-Islamy Bekasi

Profil

Pondok pesantren Annida Al-Islamy Bekasi didirikan salah seorang ulama yang sangat berperan di Bekasi, yaitu Syech Muhammad Muhadjirin Amsar Addary. Periode besar masa belajar beliau, berlangsung mulai dari periode belajar di Jakarta, di Mekkah dan Madinah. Selain itu beliau juga merupakan ulama yang produktif dalam menulis kitab-kitab berbahasa arab yang wajib dibaca oleh para santri di pondok pesantren Annida Al-Islamiy yang beliau dirikan.  

Pondok Pesantren Annida Al Islamy Bekasi didirikan pada tahun 1963. Pesantren ini berlokasi di  Jl. Ir. H. Juanda No. 124 Margahayu, Bekasi Timur, RT. 001 / RW. 007, Bekasi Jaya, Kec. Bekasi Timur, Bekasi.

Kurikulumnya merujuk pada pedoman pemerintah yang dipadukan dengan kurikulum khas pesantren. Tepatnya mengulik ilmu dari kitab berbagai disiplin ilmu.
Identitas ponpes ini adalah ponpes salafiyah, hampir sebagian waktu dihabiskan santri untuk mengaji kitab – kitab kuning, namun tetap tidak mengesampingkan pendidikan formal di dalamnya.

Sejarah

Cikal bakal berdirinya Pondok Pesantren Annida Al Islamy Bekasi dimulai pada saat berdirinya Pondok Pesantren Bahagia Bekasi di awal masa kemerdekaan Indonesia. Pondok Pesantren Bahagia yang berlokasi di Alun-alun Bekasi merupakan simbol lembaga pendidikan Islam yang didirikan oleh para ulama Bekasi. Salah satu pendiri utamanya adalah KH.Abdurrahman Shodri.

Pada tahun 1957 putri dari KH.Abdurrahman Shodri dinikahi oleh seorang pemuda asal Kampung Baru Cakung yang baru kembali dari Mekkah untuk menuntut ilmu. Pemuda ini tidak lain adalah sosok KH.Muhammad Muhadjirin Amsar Addary , yang setelah resmi menjadi menantu dari KH.Abdurrahman Shodri selanjutnya ikut bergabung untuk membesarkan Pondok Pesantren Bahagia.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya