Di Manakah Tinggal Ruh Setelah Meninggal Dunia

 
Di Manakah Tinggal Ruh Setelah Meninggal Dunia
Sumber Gambar: Pinterest,Ilustrasi: Laduni.id

Laduni.ID, Jakarta - Kematian merupakan salah satu realitas yang pasti akan dialami oleh setiap manusia. Hal ini tidak hanya berlaku bagi manusia, tetapi juga bagi semua makhluk hidup. Allah SWT berfirman dalam QS. Al- ‘Ankabut 29:57

كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ ثُمَّ اِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ

"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan." (QS. Al- ‘Ankabut 29:57).
 

Pertanyaan yang sering muncul ketika membicarakan kematian manusia adalah mengenai keberadaan ruh manusia setelah meninggalkan dunia ini.

Untuk memahami hal ini, kita perlu mengetahui bahwa Ruh Manusia mengalami empat alam, yaitu:

1. Alam Kandungan Alam kandungan merupakan tempat yang sempit, terbatas, dan gelap di dalam perut ibu. Ini adalah tempat di mana ruh manusia berada sebelum lahir ke dunia ini.

2. Alam Dunia Setelah lahir, ruh manusia berada di alam dunia. Di sinilah manusia tumbuh, berkembang, dan berbuat baik atau buruk. Alam dunia ini merupakan tempat di mana manusia mengumpulkan amal perbuatan untuk menuju ke alam selanjutnya.

3. Alam Kubur (Barzah) Alam kubur merupakan tempat di antara dunia dan akhirat. Alam ini lebih luas daripada alam dunia, seperti perbandingan antara luas dunia dengan perut ibu saat masih dalam kandungan. Di alam kubur, ruh manusia akan mengalami berbagai pengalaman berdasarkan amal perbuatannya semasa hidup di dunia.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN