Kisah Rahasia Syaikh Yasin Al-Fadani

 
Kisah Rahasia Syaikh Yasin Al-Fadani
Sumber Gambar: Dokumentasi Istimewa, Iluatrasi: Laduni.id

LADUNI.ID, Jakarta - Siapa yang tidak kenal Syaikh Yasin al-Fadani? Ulama ini, dikenal sebagai guru bagi kiai dan ulama Nusantara. Syaikh Yasin dikenal sebagai ulama Nusantara yang disegani penjuru dunia. Ia menjadi referensi keilmuan di Makkah, dan seantero dunia. Apa sisi-sisi rahasia dari Syekh Yasin al-Fadani?

Syaikh Yasin al-Fadani, pria berdarah Sumatra Barat lahir di Makkah dan menjadi ahli fikih dan muhadis terkemuka pada abad ini. Ulama ini bahkan mendapatkan gelar Almusnid Dunya atau yang berarti ulama ahli musnad dunia dalam keahliannya di bidang ilmu periwayatan hadis. Namanya sangat terkenal, terutama bagi kalangan pelajar Indonesia yang menimba ilmu di Makkah. Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan ijazah sanad hadis darinya.

Lahir di Makkah pada 1916, pria yang mempunyai nama lengkap Abu al-Faidh' Alam ad-Diin Muhammad Yasin bin Isa al-Padani ini telah menunjukkan kecerdasan yang luar biasa. Ketika remaja, ia mampu mengungguli rekan-rekannya dalam hal penguasaan ilmu agama, terutama di bidang hadis dan fikih yang membuat para gurunya kagum terhadapnya.
Ini membuat orang tuanya, Syaikh Muhammad Isa bin Udiq al-Fadani dan Maimunah binti Abdullah Fadani, sangat bangga. Selain berguru langsung pada kedua orang tua yang ahli agama ini, ia juga banyak belajar dari pamannya sendiri, yaitu Syaikh Mahmud Engku Hitam al-Fadani.

Guru-gurunya yang lain, yang banyak memengaruhi pendidikannya adalah Syaikh Muhktar Usman, Syaikh Hasan al-Masysath, Habib Muhsin bin Ali al-Musawa, dan banyak lagi ulama terkemuka lainnya di ash-Shautiyyah, lembaga pendidikan tempatnya mengabdi.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN