Konferensi Ulama Internasional Hasilkan Sembilan Rekomendasi Sepakat Lawan Rasisme

 
Konferensi Ulama Internasional Hasilkan Sembilan Rekomendasi Sepakat Lawan Rasisme

LADUNI.ID,Lombok-Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia menyelenggarakan Konferensi Ulama Internasional yang berlansgung pada 26 hingga 29 Juli 2019 di Islamic Center Mataram Lombok. Acara ini yang mengambil tema ini Moderasi Islam ini dihadiri oleh Penasehatn Grand Syaikh Al Azhar Prof Dr Abdul Daim Nushair dan Mantan Rektor Al Azhar Prof Ibrahum Hud Hud. Selain itu dalam konferensi ini hadir sekira 500-an Ulama dan akademisi dari tanah air dan luar negeri.

Konferensi yang berlangsung selama tiga hari itu meng 9 buah kesepakatan yang disebut sebagai Lombok Message. Salah satu poin yang disepakati adalah melawan sektarianisme, rasisme dan diskriminasi. Pembacaan rekomendasi itu disampaikan oleh Sekjen Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia Mukhlis Hanafi di Islamic Centre, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (28/7/2018).

"Konferensi ini merupakan bagian dari rangkaian panjang konferensi-konferensi sebelumnya yang diselenggarakan ulama Islam di berbagai dunia dalam upaya menanggulangi ekstremisme dan terorisme. Konferensi ini telah menjadikan wasathiyyah (moderasi) Islam dalam perspektif Ahlussunnah wal Jama'ah sebagai metode dalam menghadapi ekstremisme dan terorisme. Para peserta memberikan apresiasi atas peran penting alumni Al-Azhar di Indonesia dalam menyebarluaskan wasathiyyah Islam dan mencegah perpecahan," kata Mukhlis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Arab.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN