Kepala Bappenas: Zakat Dapat Mengatasi Kemiskinan dan Ketidaksetaraan

 
Kepala Bappenas: Zakat Dapat Mengatasi Kemiskinan dan Ketidaksetaraan

LADUNI.ID,Jakarta-Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia (PPN/Bappenas), Bambang Brodjonegoro menilai konsep keuangan Islam adalah menyeimbangkan antara manfaat dan risiko dengan cara yang adil dan transparan. Menurutnya dengan melakukan prinsip-prinsip ini, pelaksanaan zakat dapat menghubungkan dan sekaligus menjaga hubungan antara keuangan dan ekonomi riil.

Lebih lanjut Bambang mengatakan jika zakat suatu sistem dapat membantu merangsang aktivitas ekonomi dan kewirausahaan untuk mengatasi kemiskinan dan ketidaksetaraan, menjamin stabilitas keuangan dan sosial, serta mempromosikan pengembangan manusia yang komprehensif dan berkeadilan. Semua dampak positif dari implementasi zakat sangat relevan dengan upaya pencapaian TPB/SDGs.

“Zakat dalam konteks pengentasan kemiskinan di Indonesia memiliki potensi kontribusi yang sangat besar. Hal ini dapat dipahami karena Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar di dunia, yaitu 85 persen dari total penduduk di Indonesia atau sekitar 217 juta penduduk, sehingga dana zakat dapat dikumpulkan secara optimal dari umat Islam,” kata Bambang dalam acara peluncuran buku Fiqih Zakat on SDGs, di Jakarta Senin (30/7/2018) 

Selain itu Menteri Bambang juga menyampaikan bahwa distribusi zakat di Indonesia disirkulasikan di beberapa sektor, yaitu ekonomi, pendidikan, dakwah, kesehatan, dan sosial. Di antara sektor-sektor...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni