30 Fadhilah Baca Shalawat yang Luar Biasa

 
30 Fadhilah Baca Shalawat yang Luar Biasa
Sumber Gambar: laduni.id

LADUNI.ID, Jakarta – Sungguh indah agama Islam yang membuka banyak peluang meraup banyak keberkahan dari amalan yang sebetulnya ringan. Sebagaimana shalawat yang mudah dilaksanakan, tetapi terdapat ganjaran yang luar biasa bagi setiap insan yang menunaikannya.

Adanya penjelasan tentang fadhilah atau keutamaan shalawat diharapkan semakin meningkatkan semangat umat untuk bershalawat.  Seiring itu pula diharapkan tertanam di sanubari kita tentang makna shalawat yang membuatnya layak diutamakan.

Daripada mengotori lisan dengan perkataan yang sia-sia, lebih baik kita menyibukkan lidah dengan shalawat. Sebab satu shalawat diganjar sepuluh derajat, diberkahi kehidupan dunia akhiratnya, dikabulkan doanya, berdampingan dengan Rasulullah di akhirat, dan berbagai keutamaan lainnya.

Dalam kitab Dalailul Al-Khoirot, karya Al-Imam Al-Quthub As-Syekh Abi ‘Abdillah Muhammad bin Sulaiman Al-Jazuliy Al-Hasani disebutkan, “Apabila seorang hamba brsholawat, maka sholawat itu akan keluar dari mulutnya secepat kilat dalam bentuk cahaya, dan cahaya itu mengelilingi seluruh penjuru barat dan timur sambil berteriak “Aku adalah sholawatnya fulan bin fulan”.

Lalu sholawat itu Allah Subhanahu Wa Ta'ala  jadikan seekor burung yang mempunyai 70 ribu sayap, dalam 1 sayap ada 70 ribu kepala, dalam 1 kepala ada 70 ribu wajah, dalam 1 wajah ada 70 ribu mulut, dalam 1 mulut ada 70 ribu lidah, dan setiap 1 lidah bertasbih dengan 70 ribu bahasa yang pahalanya untuk orang yang bersholawat.

Malaikat Jibril AS berkata,
”Wahai Rasulullah, Barang siapa yang membaca shalawat ke atasmu, tiap-tiap hari sebanyak sepuluh kali, maka akan aku bimbing tangannya dan akan aku bawa di melintasi titian (Shirathal Mustaqim) seperti kilat menyambar”.
Malaikat Mikail AS,
”Ya Rasulullah, mereka yang bersholawat keatasmu, akan aku beri mereka itu minuman dari telagamu”
Malaikat Isrofil AS,
”Mereka yang bershalawat kepadamu, aku akan sujud kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan aku tidak akan mengangkat kepalaku, sehingga Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengampuni orang itu (yang bershalawat)”.
Malaikat Izrail AS,
”Bagi mereka yang bershalawat kepadamu, akan aku cabut ruh mereka itu dengan selembut-lembutnya seperti aku mencabut ruh pada Nabi-nabi”.

Mungkin kita juga perlu tahu 30 fadhilah shalawat di bawah ini agar kita lebih bersemangat untuk bershalawat.

1. Sabda Rasulullah  Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam : Barangsiapa yang bershalawat keatasku sekali , niscaya Allah akan turunkan rahmat keatasnya 10 kali lipat. (HR Muslim)

2. Allah  Subhanahu Wa Ta'ala akan hapus dosa2 kecil dengan kita mengamalkan berselawat sebanyak 11 kali setiap kali selesai menunaikan shalat fardhu.

3. Jodoh ditentukan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Amalkan selawat 100 kali sehari, insya Allah akan dipermudahkan bertemu jodoh apakah pria dan wanita .

4. Setiap penyakit ada penawarnya. Bacalah selawat 7 kali pada air dan minum. Insya Allah, perut yang sakit atau memulas akan sembuh.

5. Siapa yang amal membaca selawat 3 kali setiap setelah sholat 5 waktu akan dihilangkan kebuntuan pikiran dalam menghadapi masalah apapun.

6. Amalkan membaca shalawat sebanyak 1000 kali sehari, insya Allah akan dikaruniai kebijaksanaan pemikiran . Selain itu berusahalah untuk menjelajahi berbagai ilmu.

7. Siapapun yang mengamalkan berselawat 11 kali setiap hari, dengan izin Allah dirinya akan lebih dihormati dan dihargai oleh orang lain.

8. Menurut Sayyid Ahmad Dahlan , barangsiapa yang bershalawat walau sekali pada malam Jumat, saat mautnya kelak akan dipermudahkan Allah seperti yang dihadapi oleh para nabi .

9. Siapa yang bershalawat 41 kali sehari, Insya Allah akan terhindar dari sifat tercela seperti hasad dengki, dan sebagainya dalm dirinya.

10. Siapa yang amalkan berselawat 1000 kali pada malam Jumat, Insya Allah akan beroleh kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.

11. Amalkan shalawat 11 kali tiap kali selesai shalat fardu karena Allah akan mengindahkan akhlaknya menjadi lebih disenangi di kalangan orang lain.

12. Bershalawat 33 kali sehari dapat menjernihkan hati, mudah memahami akan sesuatu ilmu yang diajarkan, di samping memperoleh ketenangan pikiran.

13. Siapa yang bershalawat tak kiralah banyak mana hitungannya setiap hari akan dapat keberkahan dalam apapun dengan syarat ia berusaha mencari keridhoan.

14. Praktek bershalawat sebanyak mungkin setiap hari menjamin keselamatan hidup dan pertolongan Allah, lebih-lebih lagi pada saat kita menghadapi kesulitan hidup.

15. Menurut Syibab Ahmad, siapa bershalawat 3 kali setiap selesai shalat Subuh, Maghrib & Isyak, Allah akan menghindarkannya dari bencana.

16. Siapa yang amalkan berselawat sebanyak 1000 kali setiap hari, Allah akan memeliharanya dari setiap ancaman musuh dan bahaya fitnah.

17. Praktek bershalawat secara teratur setiap hari mampu membersihkan kekeruhan jiwa, dipermudahkan Allah akan segala urusan dan mendapatkan ampunan dari-Nya.

18. Menurut As-Shawi, siapa yang membaca selawat secara rutin, akan terpelihara hatinya dari gangguan serta tipu daya setan yang melalaikan.

19. Membaca shalawat 10 kali pada setiap waktu pagi dan petang akan memperolehi keridhaan serta dijauhkan diri dari mendapat kemurkaan Allah.

20. Siapa yang membaca shalawat sebanyak 7 kali selama 7 Jumat berturut2, ia bakal mendapat syafaat (pertolongan) dari beliau.

21. Menurut Al-Hafiz Dimyati, sesiapa yang berhajat menemui Nabi  Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam dalam mimpinya maka amalkan membaca selawat sebanyak 70 kali sehari.

22. Ada riwayat yang menyatakan bahwa praktek berselawat 80 kali tiap setelah shalat Ashar pada hari Jumat, InsyaAllah akan dihapus dosa-dosa kecil seseorang.

23. Siapa yang sering berlatih bershalawat pada setiap hari, Allah Subhanahu Wa Ta'ala  akan membukakan pintu rahmat dan rezeki yang tidak disangka-sangka baginya.

24. Jiwa yang gelisah dapat ditenangkan dengan dzikir, termasuk berselawat sesering mungkin karena Allah itu Maha Penyayang.

25. Ulama berpendapat, siapa yang mengamalkan selawat saban hari tak peduli berapa hitungannya, insya Allah dihindarkan dari taun dan wabah penyakit berbahaya yang lain.

26. Membaca shalawat 1000 kali setelah sholat hajat 2 rakaat mampu menghilangkan kecemasan, rasa dukacita serta dikabulkan Allah Subhanahu Wa Ta'ala  akan hajatnya.

27. Menurut para ulama, siapa yang inginkan saat kematiannya dalam kesudahan yang baik , maka bershalawatlah sebanyak 10 kali setiap selesai shalat Maghrib.

28. Para Ulama berpendapat, Allah akan sempurnakan hajat yang baik dengan selalu bershalawat 40 hingga 100 kali setiap hari, diikuti dengan usaha yang berkelanjutan.

29. Sabda Nabi Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam: Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sebanyak 100 kali pada hari Jumat, maka ia akan datang pada hari kiamat dengan kondisi bercahaya - HR Abu Naim.

30. Sabda Nabi Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam: Barangsiapa bershalawat kepadaku 10 kali pada waktu pagi dan 10 kali pada waktu sore tiap hari, ia akan beroleh syaafaatku pada hari kiamat - HR Thabrani.

Alhamdulillah fadilah sholawat sungguh luar biasa, adakah alasan yang masih membuat kita untuk malas bersholawat ? marilah kita senantiasa ucapkan sholawat Allahumma sholli’ala sayyidina Muhammad wa’ala aalihi washohbihi wasallim.

 

Sumber : Kitab Dalailul Al-Khoirot
 ___________
Catatan: Tulisan ini terbit pertama kali pada  Kamis, 2 Agustus 2018. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan.
Editor : Sandipo