Tingkatan Dosa dan Jenis-Jenisnya

 
Tingkatan Dosa dan Jenis-Jenisnya
Sumber Gambar: Pinterest,Ilustrasi: Laduni.id

Laduni.ID, Jakarta - Dosa memiliki berbagai tingkatan dan tingkat bahaya yang berbeda-beda. Konsekuensi dari dosa tersebut juga beragam, baik di dunia maupun di akhirat, sesuai dengan jenisnya. Meskipun demikian, secara umum, dosa berasal dari dua hal: meninggalkan perintah dan melakukan larangan. Kedua jenis dosa ini merupakan bagian dari takdir yang telah ditentukan oleh Allah untuk dilakukan oleh nenek moyang kaum jin dan manusia. Contohnya, Syetan, nenek moyang kaum jin, meninggalkan perintah Allah dengan tidak bersujud kepada Adam. Sedangkan Adam, nenek moyang manusia, melakukan larangan dengan memakan buah dari pohon terlarang.

Dalam agama Islam, dosa dapat dibagi menjadi dua berdasarkan tempatnya, yaitu zahir (pada anggota tubuh) dan batin (tersimpan di dalam hati). Selain itu, dosa juga dapat dikategorikan berdasarkan sasarannya, yaitu dosa yang berkaitan dengan hak Allah dan dosa yang berhubungan dengan hak makhluk-Nya.

Dosa-dosa juga dapat dibagi menjadi empat bagian, yaitu dosa Malakiyyah, dosa Syaithaniyyah, dosa Sabu'iyyah, dan dosa Bahimiyyah. Setiap dosa yang dilakukan manusia tidak akan keluar dari keempat kategori ini.

1. Dosa malakiyyah adalah dosa yang sangat serius dalam agama Islam. Dosa ini terjadi ketika seseorang mengadopsi sifat-sifat ketuhanan yang seharusnya hanya dimiliki oleh Allah, seperti merasa agung, sombong, angkuh, dan lain sebagainya. Dalam dosa malakiyyah ini, termasuk dosa syirik yang merupakan dosa terbesar dalam pandangan Allah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN