Apa Tujuan Belajar Agama

 
Apa Tujuan Belajar Agama
Sumber Gambar: Pinterest,Ilustrasi: Laduni.id

Laduni.ID, Jakarta - Belajar agama Islam merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap Muslim. Agama Islam adalah agama yang sempurna dan lengkap, yang memberikan pedoman hidup untuk manusia agar dapat hidup dengan sejahtera di dunia dan akhirat. Oleh karena itu, tujuan belajar agama Islam adalah untuk memahami ajaran agama yang dapat menjadi landasan untuk meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Salah satu tujuan utama belajar agama Islam adalah untuk mengenal Allah SWT. Allah adalah pencipta alam semesta dan segala isinya, termasuk manusia sebagai makhluk-Nya. Oleh karena itu, manusia harus mengenal Allah dengan lebih dekat melalui ajaran agama Islam. Dengan belajar agama Islam, manusia dapat memahami sifat-sifat Allah dan mengenal hakikat kebesaran-Nya. Dengan demikian, manusia dapat memperkuat iman dan takwa kepada Allah.

Selain itu, belajar agama merupakan suatu proses yang sangat penting untuk membentuk karakter dan sikap yang lebih baik. Sayangnya, terkadang ada orang yang setelah belajar agama justru menjadi keras hati, sombong, dan merendahkan manusia. Hal ini sebenarnya bertentangan dengan tujuan sebenarnya dari belajar agama.

Agama seharusnya mengajarkan kita untuk menjadi lebih lembut berkasih sayang pada sesama, rendah hati, serta menebar manfaat di muka bumi. Jika setelah belajar agama, sikap dan perilaku seseorang justru semakin buruk, maka ada yang salah dalam proses belajarnya. Mungkin ilmu agama yang dipelajari tidak berkah karena cara menuntutnya yang tidak benar atau niat belajar yang tidak baik.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN