Para Abdal (8): Tentang “Kutiba minal Abdâl” dan Syaikh Ma’ruf al-Karkhi

 
Para Abdal (8): Tentang “Kutiba minal Abdâl” dan Syaikh Ma’ruf al-Karkhi

Oleh: Nur Kholik Ridwan

Anggota PP RMINU

Melihat keadaan dan kondisi umat Kanjeng Nabi Muhammad shollalohu `alaihi wasallam saat ini, memasukkan doa “kutiba minal Abdâl” ke dalam doa-doa kaum muslimin sangat relevan, di tengah semua kerapuhan dan kelemahan-kelemahan kaum muslimin di seluruh dunia. Tentang ini telah disebutkan di bagian sebelumnya bahwa al-Hafizh Murtadho az-Zubaidi dan al-Yafi`i (dalam redaksi yang sedikit berbeda), menuturkan riwayat doa yang apabila dibaca 10x sehari, maka pembacanya disebut “kutiba minal Abdâl”. Doanya di bawah ini:

Allohumma ashlih ummata Muhammad, Allohumma farrij `an ummata Muhammad, Allohumarham ummata Muhammad

Ya Alloh jadikanlah baik umat Kanjeng Nabi Muhammad. Ya Alloh keluarkan kesusahan dan kesulitan umat Kanjeng Nabi Muhammad. Ya Alloh kasihsayangilah umat Kanjeng Nabi Muhammad.

Al-Yafi`i, menyebutkan bahwa doa itu adalah doa Nabi Hidhir sebagaimana disebutkan di bagian sebelum tulisan ini. Abu Nu`aim dalam Hilyatul Auliyâ’ juga menuturkan bahwa doa itu diriwayatkan dari Syaikh Ma’ruf al-Karkhi, tetapi tidak disebutkan dia mendapatkan dari mana; juga disebutkan oleh as-Suyuthi di dalam al-Hawî lil Fatawî dalam bagian “al-Khobarud Dâl” (jilid ISI: 254), sebagaimana disebutkan dalam catatan kaki No. 4 dalam kitab Ijâbatul Ghoust karangan Ibnu Abidin al-Hanafi (Ijâbatul Ghouts, hlm....

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni
 

 

Tags