7 Peristiwa Diluar Nalar Ini Pernah Dialami oleh Syeikh Abdul Qadir al-Jailani

 
7 Peristiwa Diluar Nalar Ini Pernah Dialami oleh Syeikh Abdul Qadir al-Jailani
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Nama Syekh Abdul Qodir Jailani sudah sangat santer di Indonesia. Beliau adalah waliyullah paling masyhur dan paling banyak diadakan haulnya, yakni pada tanggal sebelas setiap bulannya. Tokoh ini adalah pendiri tarekat Qodariyah yang terkenal dengan banyaknya karamah dan kejadian-kejadian mistis yang dimiliki, tentunya atas izin Allah.

Banyak kisah dan peristiwa mistis yang dialami oleh Syekh Abdul Qodir Jailani menunjukkan kekayaan spiritual dan kekaromahan beliau, bahkan keajaiban tersebut sudah terlihat sejak beliau masih kecil. Berbagai cerita dan peristiwa mistis ini telah terdokumentasi dalam buku Manaqib Syekh Abdul Qodir Jailani:

1. Berpuasa Sejak Bayi
Sejak usia yang sangat muda, bukanlah rahasia lagi bahwa keagungan spiritual Syekh Abdul Qodir Jailani telah terpancar. Bahkan ketika beliau masih seorang bayi, tanda-tanda kekhusyukan dan pengabdian yang luar biasa sudah tampak jelas. Ketika bulan Ramadhan tiba, waktunya bagi umat Islam untuk menahan diri dari makan dan minum mulai dari fajar hingga senja, Syekh Abdul Qodir tidaklah terkecuali.

Meskipun masih dalam usia yang sangat belia, beliau menolak untuk minum air susu ibunya selama bulan suci Ramadhan, sebagai gantinya, beliau turut berpuasa seperti umat Islam yang lainnya.

2. Ditantang oleh 100 Ulama
Suatu hari, sebuah ujian keilmuan yang luar biasa terjadi di kehidupan Syekh Abdul Qodir Jailani. Seratus ulama yang terkemuka telah mengunjungi beliau, bermaksud untuk menguji dan menandingi kebijaksanaan serta keilmuan beliau. Ketika para ulama itu tiba di rumah Syekh Abdul Qodir, beliau menyambut mereka dengan penuh keramahan dan mengundang mereka untuk duduk. Kemudian, dengan rendah hati, Syekh Abdul Qodir menundukkan kepala dalam doa, dan tiba-tiba cahaya terang yang mempesona muncul dari dalam dadanya.

Cahaya tersebut menyelimuti hati para ulama yang hadir, memancarkan kebijaksanaan dan rahmat yang tak terlukiskan. Keajaiban ini membuat para ulama itu tercengang dan kagum, sehingga mereka memilih untuk menarik diri dan mengurungkan niat mereka untuk menguji Syekh Abdul Qodir.

3. Menghidupkan Bangkai Ayam
Saat itu Syekh Abdul Qodir berada di warung, kemudian ada wanita menantang Syekh agar menunjukan kewaliannya. Namun Syekh tidak mau sebab ia merasa bahwa dirinya hanyalah orang biasa. Setelah itu wanita tadi melempari Syekh dengan bangkai ayam. Maka Syekh Abdul Qodir mengambil bangkai ayam itu dan berdoa kepada Allah, alhasil, bangkai tadi hidup kembali.

4. Berguru kepada Nabi Khidir
Pada usianya yang sudah matang, Syekh Abdul Qodir didatangi oleh seseorang yang arif, dan beliau tahu bahwa itu adalah Nabi Khidir. Syekh berkata kepada Nabi Khidir, "Wahai Khidir sesungguhnya kamu tidak akan sanggup bersamaku, sebab aku bukanlah seperti Nabi Musa". Maka Nabi Khidir pun menerimanya menjadi murid.

5. Memerintah Angin
Syekh Abdul Qodir sedang ada di sawah, kemudian beliau melihat seorang nenek yang menangis karena padinya dimakan oleh burung-burung. Kemudian Syekh memerintahkan angin, "Wahai angin turunkan semua burung-burung itu, penggallah kepalanya." Maka burung-burung itu jatuh dan satu persatu padi itu dikeluarkan dari perut si burung, dan dikembalikanlah padi itu kepada si nenek. Kemudian Syekh berdoa kepada Allah agar burung-burung tadi bisa hidup lagi, walhasil burung-burung itu kembali terbang.

6. Jin Ketakutan pada Syekh Abdul Qodir
Pernah suatu ketika, ada seseorang yang mengalami kesurupan dan segera dibawa kepada Syekh Abdul Qodir Jailani. Namun, sebelum kedatangan mereka di rumah Syekh, kejadian mengejutkan terjadi: orang yang kesurupan tersebut telah sembuh dengan tiba-tiba. Ternyata, saat nama Syekh Abdul Qodir Jailani disebut, jin yang merasuki orang tersebut langsung merasa ketakutan dan panik.

Kekuatan spiritual dan keberadaan beliau sudah cukup kuat untuk menakuti jin yang mengganggu, sehingga jin tersebut meninggalkan tubuh orang yang kesurupan sebelum mereka tiba di tempat Syekh Abdul Qodir.

7. Bisa Melayang
Dikisahkan oleh Imam Al-Khattab, bahwa Syekh Abdul Qodir pernah memberikan ceramah agama, kemudian beliau selangkah demi selangkah menaiki udara yang seakan-akan ada tangganya. Dan hal itu disaksikan oleh para jamaah dan murid-muridnya.

Demikianlah beberapa karomah dan kejaidna mistis yang dialami Syekh Abdul Qodir Jailani, sebenarnya banyak seklai tentang karomah beliau, hanya saja tidak cukup untuk menuturka semuanya. []


Sumber:

1. Zainuddin, Manaqib Syekh Abdul Qodir Jailani, Surabaya: Pustaka Sufi, 1981.

*) Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 29 Agustus 2020. Tim redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Editor: Muhammad Iqbal Rabbani