Ini Teks Istighosah ASLI dari Hadratus Syaikh Hasyim Asy'ari

 
Ini Teks Istighosah ASLI dari Hadratus Syaikh Hasyim Asy'ari

Istighotsah adalah salah satu kegiatan bersama ibadah yang sering dilaksanakan oleh warga nahdliyin, dalam tradisinya, istighotsah diselenggarakan untuk memohon doa kepada Allah SWT atas kejadian-kejadian bencana yang akan datang kepada bangsa, agama, dan negara.

Seiring dengan perkembangan waktu, terdapat beberapa variasi teks istighotsah yang sering disebarkan dalam bentuk selebaran fotokopian kepada jamaah yang mengikuti istighotsah.

Gus Zakki yang merupakan salah satu pengasuh pesantren Tebuireng Jombang membagi teks istighotsah asli dari Hadratus Syaikh Hasyim Asy'ari melalui akun facebooknya, berikut keterangan beliau:

"Ini teks istighotsah Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy'ari yang saya dapat dari kiai Fahruddin Pengasuh PP. Thoriqul Huda Ponorogo beberapa bulan sebelum beliau wafat. Beliau menerima dari Gus Kholiq bin Hasyim Asy'ari.

Ada secuil kisah tentang istighotsah tersebut. Konon kiai Hasyim pernah memprediksi akan terjadinya gonjang-ganjing yang akan menimpa Indonesia wa bil khusus Nahdlatul Ulama.

Apakah fenomena sekarang dimana antar umat Islam, antar ormas Islam dengan mudah diadu domba, saling mencaci-maki orang adalah gonjang-ganjing yang dimaksud Hadratus Syaikh? Wallahu A'lam.

Senyampang kita masih waras menurut ukuran kita sendiri, mari sama-saa berdoa agar kita tidak termasuk dalam lingkaran pelaku gonjang-ganjing tersebut."

Berikut teks isthotsah yang dimaksud: