Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah Tasikmalaya

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP2
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah Tasikmalaya

Profil

Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah adalah Pondok Pesantren yang berlokasi di Kp. Condong Rt.01 Rw.04 Kel. Setianegara Kec. Cibeureum Kota Tasikmalaya kode pos 46196 Jawa Barat,  merupakan salah satu pondok pesantren tertua yang ada di kota Tasikmalaya jawa barat  didirikan tahun 1864 masehi, asal mulanya Pesantren ini memberlakukan sistem pendidikan klasikal yang mengkhususkan diri pada pengajian kitab-kitab klasik ulama-ulama terdahulu, didirikan oleh K.H. Nawawi yang berasal dari kampung Sukaruas Rajapolah kabupaten tasikmalaya, yang telah mengalami 7 generasi kepemimpinan, yaitu :
1. KH. Nawawi mendirikan pesantren akhir abad 18 atau sekitar tahun 1864 M dengan bukti sejarah adanya wakap tanah seluas 400 tumbak dari Pangeran Kornel Sumedang.
2. Sepeninggal beliau perjuangannya dilanjutkan anaknya bernama KH. Adrai
3. Berhubung KH. Adrai membuka pesantren di daerah yang lain maka pesantren ini diserahkan kepada menantunya, K.H. Hasan Muhammad.
4. Sepeninggal KH. Hasan Muhammad Pondok Pesantren ini dipimpin oleh K.H Damiri mengingat anak laki-laki tertuanya masih kecil.
5. Tatkala anak laki-laki tertua sudah besar yakni KH. Nazmuddin, maka kepemimpinan sejak itu diserahkan kepada beliu sampai tahun 1986. 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.