Hikmah dan Keutamaan Membaca Doa Akhir Tahun Hijriyah

 
Hikmah dan Keutamaan Membaca Doa Akhir Tahun Hijriyah
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah dan termasuk dalam empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Pada bulan ini umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amal kebaikan.

Dalam proses pergantian tahun ini kita dianjurkan untuk melakukan muhasabatun nafs atau introspeksi diri atas segala perbuatan yang telah dilakukan. Meski tidak mungkin luput dari kesalahan, namun harapan masih tetap ada. Bagaimanapun keadaanya, tidak perlu enggan berdoa. Tetaplah berdoa, semoga Allah mengampuni kesalahan yang telah kita lakukan.

Di penghujung tahun Hijriyah ini sangat dianjurkan membaca doa akhir tahun. Syaikh Daud Al-Patani dalam kitab Jam’ul Fawaid Wa Jauhar Qalaid mengatakan bahwa para ulama terdahulu, seperti Syaikh Jamaluddin Sabti Ibnu Al-Jauzi dan para guru beliau yang lain telah mengajarkan dan mewasiatkan untuk tidak lupa membaca doa akhir tahun.

Berikut doa akhir tahun sebagaimana terdapat dalam Kitab Kanzun Najah was Surur karya Syaikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Kudus bin Abdil Qadir.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلىَّ اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وِلَمْ تَنْسَهُ وَحَلُمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْ رَتِكَ عَلَى عُقُوْ بَتِيْ وَدَعَوْ تَنِيْ اِلَى التَّوْ بَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَاِنِّيْ اَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَلِمْتُهُ فِيْهَا مِمَّاتَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ  يَا كَرِيْمُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ. اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَتَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلىَّ اللهُ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ وَّعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN