Inilah Manfaat Bawang Putih dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh

 
Inilah Manfaat Bawang Putih dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh

LADUNI.ID, Sumenep – Bawang putih adalah nama tanaman sekaligus umbi dari tanaman itu sendiri. Bawang putih masih termasuk dalam famili Alliaceae dari genus Allium. Umbi dari tanaman bawang putih sangat familier di kalangan ibu-ibu rumahtangga, karena bawang putih adalah bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Kandungan kallin / kalin didalamnya, membuat bawang putih yang masih mentah terasa getir (pahit agak pedas) ketika dimakan.

Penelitian tentang bawang putih membuktikan adanya kandungan zat-zat pada bawang putih yang bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan minyak atsiri pada bawang putih misalnya memiliki khasiat sebagai anti bakteri alami. Kandungan aliin bermanfaat untuk anti kolesterol. Bawang putih juga mengandung kalsium, saltivine, belerang, fosfor, protein, lemak, besi serta vitamin A,B1 dan C. Ketika bawang putih dimemarkan/dihaluskan, zat aliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai.

Khasiat Bawang Putih Tunggal Dengan Madu Asli

Bawang putih tunggal adalah bawang putih yang tidak ada teman dalam satu wadah kulit bawang putih. Jenis yang satu ini dikenal dengan nama bawang putih tunggal atau bawang putih lanang. Sama seperti bawang lainnya, ia juga mengandung minyak atsiri, senyawa allicin dan masih banyak lagi lainnya. Uniknya, bawang lanang ini memiliki bentuk bulat dan warnanya jauh lebih putih ketimbang bawang biasa. Meski demikian, bawang jenis ini memang masih jarang digunakan dalam keseharian jika dibandingkan dengan bawang putih biasa. Mencari penjual bawang putih lanang atau bawang putih tunggal juga tidak mudah. Bawang lanang ada yang lokal dan import tetapi yang lokal lebih bagus dan terasa khasiatnya. Mengapa bawang lanang atau tunggal lokal lebih berkhasiat ? Mungkin karena dalam proses penanaman alami sehingga bebas, terhindar dari pestisida dan residu bahan-bahan kimia pertanian.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN