Benarkah Pendidikan Indonesia Kehilangan Arah

 
Benarkah Pendidikan Indonesia Kehilangan Arah

Oleh Sholihin H. Z.

Anggota PW ISNU Kalbar

Dimana letak bermartabat dan majunya sebuah bangsa? Banyak kemungkinan jawaban yang dapat ditemukan. Ada negara yang maju dengan peralatan teknologinya, ada negara yang terkenal dengan disiplin waktunya, ada negara yang disegani karena angkatan bersenjatanya, ada negara yang menjadi rebutan karena memiliki sumber daya alam (SDA) yang bahkan hingga ratusan tahun akan datang seakan tidak habis. Tapi ada juga bangsa yang dikenal karena kondisi sebaliknya, karena kemiskinan, karena sering terjadi perang saudara dan alasan lainnya.

Prof. Komaruddin Hidayat, yang akrab disapa Prof. Komar, memberikan pandangannya bahwa berkualitas dan berharganya sebuah bangsa bukan terletak pada sesuatu yang sifatnya fisik dan materi tetapi lebih pada kualitas yang melekat pada bangsa itu sendiri. Kualitas tersebut adalah sinergisitas antara integritas dan ilmu pengetahuan. Adanya program pendidikan yang terencana dengan baik, sistematis dan visioner. Integritas nilai kebaikan dan kebenaran serta kompetensi keilmuan yang mapan adalah modal utama bernilainya sebuah bangsa. Dan itu merupakan produk pendidikan yang berkesinambungan.

Bangsa yang memiliki integritas berarti bangsa yang memiliki perpaduan antara potensi dan semangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan keadilan. Akan semakin nyata kalau didukung dengan ilmu pengetahuan yang baik.

Bagaimana dengan Indonesia? Negeri ini, sesungguhnya jika dilihat dari daya dukung yang ada optimis menjadi bangsa yang besar, bukan sekedar besar jumlah, bahkan bisa besar dalam arti kebermanfaatan bagi dunia baik regional maupun internasional, besar dalam arti menjadi center-nya pendidikan, sikap toleransi keberagamaan bahkan peradaban. Daya dukung tersebut adalah empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN