Tiga Hal yang Perlu Dilakukan saat Menyambut Jamaah Haji yang Baru Datang dari Tanah Suci

 
Tiga Hal yang Perlu Dilakukan saat Menyambut Jamaah Haji yang Baru Datang dari Tanah Suci
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Salah satu perkara yang dianjurkan dalam menyambut jamaah haji yang baru saja datang dari tanah suci adalah meminta didoakan. Karena doa orang yang telah diampuni dosanya sangatlah mustajab. Sebagaimana dijelaskan bahwa orang yang berhaji itu didoakan oleh Rasulullah SAW, agar dosanya diampuni, demikian juga dosa orang yang meminta didoakan oleh orang yang haji. Tentu doa Rasulullah SAW dikabulkan oleh Allah SWT. Dan karenanya doa orang haji itu juga mustajab.

Dalam sebuah Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi, diterangkan bahwa Rasulullah pernah berdoa seperti ini:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْحَاجِّ، وَلِمَنِ اسْتَغْفَرَ لَهُ الْحَاجُّ

Artinya: “Ya Allah berikanlah ampunan kepada orang yang berhaji dan ampunan kepada mereka yang dimohonkan ampun oleh orang yang berhaji.” (Imam Baihaqi)

Tetapi sebelum meminta didoakan ada dua hal yang perlu dilakukan dalam menyambut kedatangan jamaah haji. Rasulullah SAW pernah bersabda:

إِذَا لَقِيتَ الْحَاجَّ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَصَافِحْهُ، وَمُرْهُ أَنْ يَسْتَغْفِرَ لَكَ قَبْلَ أَنْ يَدْخُلَ بَيْتَهُ، فَإِنَّهُ مَغْفُورٌ لَهُ

Artinya: “Ketika engkau bertemu dengan orang yang haji, ucapkanlah salam padanya, dan berjabat tanganlah dengannya, serta mintalah doa ampunan kepadanya sebelum ia memasuki rumahnya. Karena sesungguhnya dia merupakan orang yang telah terampuni.”

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN