Pesantren Al-Hasan Ciamis

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Al-Hasan Ciamis

Profil

Pondok Pesantren Al-Hasan merupakan salah satu Pesantren yang cukup dikenal di Kabupaten Ciamis dan sekitarnya. Hal ini dikarenakan prestasinya yang membanggakan dan letaknya yang strategis. Terletak di wilayah Kabupaten Ciamis + 500 meter dari pusat kota Gedung Negara Kabupaten Ciamis, tepatnya Pesantren Al-Hasan terletak di Jl. Jend. Ahmad Yani No. 120 Ling. Bolenglang Kel. Kertasari Kec. Ciamis Kab. Ciamis 46213 Prov. Jawa Barat.

Al-Hasan didirikan pada tahun 1985 yang diasuh oleh KH. Muhammad Syarif Hidayat, Kiyai muda alumni Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya Jawa Barat serta salah seorang murid Kiyai besar yang kharismatik (Uwa Ajengan) KH. Choer Affandy (Alm.). Menurut sumber yang didapat, pendirian Al Hasan ikut dibantu oleh beberapa Kiyai setempat, diantaranya : KH. M. Arsyad (Alm.), KH. Asikin (Alm.), KH. Hasan (Alm.) dan Drs. KH. Udin Saefuddin (Alm.). Nama Al Hasan merupakan sebutan khas Muwaqif tanah pendirian Pondok Pesantren Al Hasan yang bernama KH. Hasan (Alm.).

Tujuan didirikannya untuk mencetak kader-kader muslim yang berakhlak mulia dan dapat menyebarkan Syari’at Islam sehingga dapat diamalkan oleh semua lapisan masyarakat. Pada tahun pendiriannya, Kiyai muda ini baru membina sekitar 30 orang santri yang terdiri dari 20 orang santri putra dan 10 orang santri putri, serta memiliki sebuah rumah tempat tinggal yang dipergunakan untuk asrama serta pembinaan terhadap para santrinya serta sebuah mesjid waqaf.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.