Sejarah Singkat Awal Mula Kota Meulaboh

 
Sejarah Singkat Awal Mula Kota Meulaboh
Sumber Gambar: RMOLAACEH, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Sebagaimana yang tertulis dalam sejarah bahwa, sebelum dikenal dengan sebutan Meulaboh, dahulunya kawasan tanjung ini bernama Pasi Karam. Penyebutan Meulaboh diduga kuat terkait dengan letaknya yang berdekatan dengan laut sehingga menjadikannya sebagai kawasan pelabuhan yang strategis. 

Berbicara asal usul daerah banyak ditemukan perawinya, apakah itu benar, salah, atau bahkan mendekati kebenaran dan seterusnya. Sejarah itu dapat diluruskan apabila ada bukti yang lebih valid dan mendekati kebenaran, terlebih ini bukanlah Al-Quran dan Hadist yang tidak dapat diubah.

Ada juga riwayat yang berpendapat bahwa penyebutan "Meulaboh" terkait dengan sejarah eksodusnya sejumlah warga Minangkabau dari Sumatera Barat yang ketika itu berada di bawah cengkeraman penjajah Belanda ke sejumlah titik di sepanjang pesisir Barat dan Selatan Aceh

Berdasarkan versi ini, dikisahkan bahwa di antara gelombang besar eksodus tersebut terdapat kelompok kecil yang berlabuh di Pesisir Kota Meulaboh sekarang, lalu peristiwa pendaratan ini di kait-kaitkan dengan asal muasal penamaan “Meulaboh”, mengingat kata “Meulaboh” sendiri dalam bahasa Aceh berarti “berlabuh”. 

Meulaboh tercatat sebagai daerah ramai pertama Aceh Barat di abad ke-16 yang pada saat itu diperintah raja bergelar Teuku Keujruen Meulaboh. Meulaboh sebelum bencana gempa tsunami banyak ditemukan tempat sejarah seperti makam kolonial Belanda tepatnya di depan Makorem Meulaboh, juga ditemukan peninggalan Jepang seperti Bunker pertahanan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN