Ternyata Aceh Termaktub dalam Sabda Nabi Muhammad SAW

 
Ternyata Aceh Termaktub dalam Sabda Nabi Muhammad SAW
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni. ID, Jakarta - Membuktikan keberadaan hadist ini dapat dilacak melalui beberapa bukti yang ada terdapat dibawah ini. Rasulullah SAW, pernah bersabda:

“Bahwa sepeninggalku ada sebuah negeri di atas angin samudera namanya. Apabila ada didengar khabar negeri itu maka kami suruh engkau (menyediakan) sebuah kapal membawa perkakas dan kamu bawa orang dalam negeri (itu) masuk Islam serta mengucapkan dua kalimah syahadat. Syahdan, (lagi) akan dijadikan Allah Swt dalam negeri itu terbanyak daripada segala Wali Allah jadi dalam negeri itu…."

Status Hadist Dalam Beberapa Hikayat Lama Aceh:

Di beberapa riwayat kitab dan menurut pendapat ahli sejarawan, termasuk salah seorang ahli sejarawan berkebangsaan Indonesia yang tinggal di Malaysia. Sang guru besar itu bernama Prof. Dr. Muhammad Syed Naquib Al-Attas di buku terbarunya “Historical Fact and Fiction” menyebutkan bahwa keberadaan hadist nabi tentang aceh tersebut betul adanya. 

Beliau menemukan hadist ini dari beberapa naskah lama kerajaan Aceh dan Malaysia yang juga pernah tertuliskan hadis ini didalamnya. Selain itu akuan keberadaan hadist ini juga disebutkan dibeberapa buku karya sejarah Melayu.

Menurut para ahli sejarah melayu mengatakan, bahwa hadis yang dimaksudkan oleh Nabi ini tertuju kemasa kerajaan Samudra Pasai. Kerajaan Samudra Pasai ini berdiri setelah 600 tahun nabi meninggal dunia. Namun sejarawan berbeda pendapat, bahwa Aceh sudah dikenal sejak paertama kali Islam mulai masuk ke Aceh pada abad ke 7. Menurut riwayat bahwa masa sahabat Umar bin Khattab, penyebaran Islam keseluruh dunia sudah dimulai, hingga masuk ke jalur ujung Sumatra, yaitu Aceh. Pendapat ini didapat dari buku Aceh Sepanjang Abad, karya M. Said.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

Masuk ke Laduni