Memasyarakatkan Public Relations
LADUNI.ID, KOLOM-Komponen dasar humas yang berhubungan dengan fungsi humas seperti yang dikemukakan oleh Public Relations Society of America (PRSA), antara lain:
- Counseling, menyediakan saran untuk manajemen yang berhubungan dengan kebijakan hubungan dan komunikasi.
- Research, melihat tindakan dan perilaku public dalam rangka merencanakan strategi humas. Research dapat digunakan untuk membangun saling pengertian atau mempengaruhi dan meyakinkan publik.
- Media Relations, bekerjasama dengan media dalam melakukan publisitas.
- Publicity, menampilkan pesan terencana melalui media tertentu untuk menghasilkan ketertarikan yang lebih jauh lagi.
- Employee/member relations, memberikan respon terhadap suatu masalah, menginformasikan dan memotivasi karyawan dan anggota organisasi.
- Public affair, membangun keterlibatan efektif dalam kebijakan public
- Issues management, mengidentifikasi dan mengevaluasi isu yang berkembang pada public yang berakibat pada organisasi.
- Financial relations, menciptakan dan menjaga kepercayaan penanam modal.
- Industrial relations, menjalin hubungan dengan lembaga-lembaga lain yang berhubungan dengan aktifitas organisasi. Hal ini bisa diwujudkan dengan tergabung dalam asosiasi usaha yang berhubungan dengan jalur bisnis organisasi.
- Development/Fund Raising, menciptakan kebutuhan dan mendorong publik untuk mendukung organisasi, terutama melalui kontribusi financial.
- Multicultural Relations/Workplace Diversity, berhubungan dengan individu- individu dari berbagai kelompok dan budaya.
- Special Events, menarik perhatian publik terhadap organisasi atau produk dari organisasi dengan mengadakan kegiatan khusus.
- Marketing Communication, memadukan aktivitas pemasaran dengan mengadakan kegiatan khusus sekaligus membangun citra baik perusahaan.
Sedangkan Cutlip dan Center mengemukakan bahwa fungsi Public Relations meliputi hal-hal sebagai berikut :pertama, menunjang kegiatan manajemen dan mencapai tujuan organisasi. Kedua, menciptakan komunikasi dua arah secara timbal balik dengan menyebarkan informasi dari perusahaan kepada publik dan menyalurkan opini publik pada perusahaan.
Ketiga, melayani publik dan memberikan nasihat kepada pimpinan organisasi untuk kepentingan umum. Keempat, Membina hubungan secara harmonis antar organisasi dan publik , baik internal maupun eksternal.
UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN
Support kami dengan berbelanja di sini:
Memuat Komentar ...