Bitcoin dalam Tinjauan Hukum Islam

 
Bitcoin dalam Tinjauan Hukum Islam

Bismillahir rahmaanir rahiim.

Forum Bahsul Masail (FBM) Ma’had Aly  Hasyim Asy’ari mengadakan bahsul masail se-Jawa Madura di masjid pondok  pesantren Tebuireng pada Senin-Selasa, 3-4 Jumadil Akhir 1439 H atau  19-20 Pebruari 2018 M. Bahtsul masail ini merupakan agenda tahunan dan  tahun ini merupakan tahun ke 5. Panitia utamanya adalah mahasantri  Ma’had Aly Hasyim Asy’ari semester II. Acara tersebut diikuti oleh para  santri dari berbagai pondok pesantren di Jawa dan Madura.

Berikut ini hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan bahtsul masail di Pesantren Tebuireng:

MODERATOR  : Ust. Nuruttaufiq 

PERUMUS : KH. Muhklis Dimyati, KH. Muhib Aman Ali 

MUSOHIH : Ust. Said Ridwan    Ust. Arif Ridwan Akbar    Ust. Khoirul Munzdirin     

1. BITCOIN 

Deskripsi masalah

Di era perkembangan teknologi keberadaan  alat tukar juga mngalami perubahan yang juga mengikuti perkembangan  ‎zaman, menurut beberapa pakar (yang disampaikan oleh salah satu dosen  ekonomi dari universitas di Surabaya) ‎keberadaan uang konvensional  (uang kertas / logam) 5 hingga 10 tahun ke depan akan tergantikan oleh  uang digital. Akan ‎mempermudah penggunaan seorang dalam bertransaksi.‎

Salah satu mata uang digital yang telah beredar dan sedang booming  saat ini adalah uang digital cryptocurrency/bitcoin ‎‎(btc), harga  satuan dari bitcoin sangatlah fluktatif sehingga dapat naik dan turun  dengan nilai yang sangat besar.‎ Untuk saat ini (21/12/2017) harga satu  mata uang bitcoin (btc) sebesar 258 juta, memang untuk saat ini dampak  yang diakibatkan oleh mata uang digital masih belum terasa, karena masih  belum banyak tempat-tempat pembelanjaan (jasa, manufaktur, perdagangan)  yang menggunakan mata uang ini sebagai alat tukar. Namun untuk beberapa  tahun kedepan mata uang digital akan menjadi sebuah kebutuhan dari  masyarakat. Dan mata uang bitcoin ini diperkirakan hanya berjumlah 21  juta (btc) dan saat ini peredaranya hanya masih beredar sebanyak 60%  dari jumlah mata uang yang ada.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN