Mengarungi Teori Komunikasi Massa

 
Mengarungi Teori Komunikasi Massa

 

 

LADUNI.ID, KOLOM- Dalam  Islam nilai-nilai komunikasi dalam perspektifnya memandang bahwa komunikasi harus diletakkan melaui unsur tasawur dan inspiriasi tauhid, sehingga informasi tidak dianggap bersifat value – free , tetapi mempunyai norma – norma, etika dan moral imperatip.

Menurut Dennis McQuail (1987), jenis dan teori komunikasi massa adalah sebagai berikut:

  1. Teori Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Scientific Theory)

Teori ini berdasarkan pernyataan-pernyataan yang berkaitan dengan sifat dasar, cara kerja, dan pengaruh komunikasi massa yang bersumber dari  observasi sistematis yang sedapat mungkin diupayakan bersifat objektif. Sumber teori ini merupakan kenyataan tentang media. Dalam penerapannya jenis teori ini sering bergantung pada ilmu sosial lainnya.

  1. Teori Normatif (Normative Theory)

Teori ini berkenaan dengan masalah bagaimana seharusnya media berperan ketika serangkaian nilai sosial ingin diterapkan dan dicapai sesuai dengan sifat dasar nilai-nilai sosial tersebut. Jenis teori ini begitu pennting karena berperan dalam membentuk institusi media. Bahkan media berpengaruh besar dalam membatu apa yang diharpkan oleh publik media, organisasi, serta pelaksana organisasi sosial itu sendiri.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN