Ulul Albab adalah Intelektual Plus

 
Ulul Albab adalah Intelektual Plus

LADUNI.ID - “Hanya keledai yang jatuh ke lubang yang sama dua kali.” pepatah ini tentu sudah akrab di telinga kita. Kalimat inspiratif ini mengajarkan kepada kita untuk mengambil hikmah dari kekeliruan atau kesalahan yang diperbuat sebelumnya. Dengan penekanan pada janganlah kita jatuh pada lubang yang sama karena tidak mampu dan tidak mau memahami fenomena alam atau peristiwa yang terjadi. Kemampuan dan kemauan inilah yang menjadi pembeda antara manusia dan makhluk lainnya, kelebihan inilah yang diistilahkan dengan intelektual plus (ulul albab)Kata Ulul Albab disebut sebanyak 16 kali dalam Al-Quran.

Ulul Albab didefinisikan sebagai orang yang berakal atau yang berfikir. Firman Allah SWT dalam QS. ali Imran/3: 190-191 menyebutkan makna ulul albab  sebagai “… orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”.

Ayat di atas dengan jelas menggambarkan secara umum dua kategori manusia ulul albab yakni kekuatannya dalam berzikir (mengingat Allah SWT) dalam berbagai kondisi (berdiri, duduk, berbaring) dan bukankah kondisi manusia tidak terlepas dari ketiga keadaan tersebut. Kala zikirnya telah kuat dan maksimal baru dilanjutkan dengan proses tafakkur. Dengan ilmu yang dimilikinya, ia mampu membaca ayat-ayat Allah SWT dialam semesta ini.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN