Islam Mengajarkan agar Bersikap Adil kepada Semua Umat Manusia

 
Islam Mengajarkan agar Bersikap Adil kepada Semua Umat Manusia
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dijelaskan dalam sebuah riwayat Sahabat Abdullah bin Mas'ud r.a. seorang khadim (pembantu) Rasulullah SAW, yang bacaan Al-Qur'annya sangat disenangi oleh Rasulullah SAW.

Ketika Sahabat Abdullah bin Mas'ud sedang melakukan perjalanan, ia bertemu dengan sekelompok umat Islam yang sedang menyuruh seorang Kafir Dzimmi, yakni seorang Kafir yang tinggal di Negara Islam dan di bawah perlindungan kaum Muslimin.

Orang Kafir tersebut disuruh oleh sekelompok kaum Muslimin untuk membawa tentengan barang bawaan. Melihat hal itu, lalu Sahabat Abdullah bin Mas'ud turun dari tunggangan, dan bertanya kepada orang Kafir tersebut, "Apakah engkau senang dengan perintah orang-orang itu kepadamu?" Lalu orang Kafir itu menjawab, "Tidak."

Setelah mendengar jawaban orang Kafir itu, Sahabat Abdullah bin Mas'ud kemudian menemui sekelompok kaum Muslimin tadi dan berkata, "Sejak kapan kalian telah melanggar janji Rasulullah SAW untuk menjaga dan memelihara hak-hak orang Kafir di tengah kaum Muslimin?" Tampak sekali Sahabat Abdullah bin Mas'ud risau melihat kejadian itu. 

Dalam kisah lain juga ada sikap yang persis dilakukan oleh Sahabat Abdullah bin Mas'ud. Diriwayatkan pada masa Khalifah Umar bin Khattab r.a, ada seorang Kafir yang membayar pajak kepada Pemerintahan Umat Islam sebagai imbalan perlindungan yang diberikan kepadanya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN